Kamis, 02 September 2010

Ditemukan Lagi Sarkofagus

Kamis, 2 September 2010 | 05:23 WIB

http://rumametmet.com
Sarkofagus/Ilustrasi

GIANYAR, KOMPAS.com--Badan Arkeologi Denpasar kembali menemukan satu peti kubur dari batu atau sarkofagus di kebun pandan milik warga di Banjar Kembengan, Desa Tulikup, Kabupaten Gianyar, Bali.

Temuan benda purbakala itu berjarak tiga kilometer ke arah timur dari lokasi dua sarkofagus yang sebelumnya ditemukan di Subak Saba, Desa Keramas, Kabupaten Gianyar.

"Tadi kami sudah cek ke lapangan. Sarkofagus itu diperkirakan telah berusia sekitar 2.500 tahun, atau telah ada sejak 500 tahun sebelum masehi sampai awal abad pertama masehi," kata Ayu Kusumawati, peneliti sarkofagus dari Badan Arkeologi Denpasar, kepada ANTARA, Rabu siang.

Ia mengatakan, sarkofagus berpanjang tujuh cm dan lebar 4,8 cm itu belum dibuka karena masih menempel erat di tebing galian.

"Bagi benda itu kini baru terlihat bagian kedoknya saja, sedangkan bagian badannya masih menempel di tanah," ucapnya.

Untuk mengamankan lokasi, kata Kusumawati, aparat dari Mapolsek Kota Gianyar sudah memasang garis polisi (police line).

"Garis polisi itu sudah dipasang melingkar di lokasi kalian sejak Selasa malam (31/8) ," katanya.

Ia mengaku belum meneliti lebih lanjut soal temuan itu karena masih meneliti sarkofagus yang lebih dulu ditemukan di Subak Saba, Desa Keramas.

"Kami masih tuntaskan penelitian yang di Subak Saba dulu. Usai itu, kami baru lanjutkan penelitian yang di Banjar Kembengan, Tulikup," ujarnya.

I Gusti Nyoman Dirga, pemilik lahan yang menjadi "rumah" sarkofagus di Banjar Kembengan itu, mengatakan, peti batu tersebut pertama kali ditemukan pada Senin lalu (30/8).

Dia mengatakan, kala itu dia sedang menggali tanah untuk membuat batu bata. "Ketika saya sedang asik mencangkul, tiba-tiba cangkul saya seolah-olah terkena benda keras. Ketika saya cek, ternyata sarkofagus," ujarnya.

Ia menyebutkan, penemuan sarkofagus di lahan kebun pandan miliknya merupakan penemuan untuk yang kedua kalinya. "Sebelumnya pada 1998, juga ditemukan satu sarkofagus. Temuan pada tahun itu berjarak satu meter dari penemuan sarkofagus sekarang," ujarnya.

Ia mengatakan, pada penemuan peti batu 12 tahun yang lalu itu, dalam sarkofagus ditemukan serpihan kerangka tulang-belulang manusia.

Penulis: Jodhi Yudono | Editor: Jodhi Yudono | Sumber : ANT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar