Senin, 11 Agustus 2008

Eko Yuli Irawan Persembahkan Medali Pertama


BEIJING--Lifter Indonesia, Eko Yuli Irawan mempersembahkan medali pertama bagi Indonesia di Olimpiade 2008 di Beijing, Ahad (10/8). Eko yang turun di cabang angkat besi kelas 56 kg putra mempersembahkan medali perunggu setelah mencatat total angkatan seberat 288kg.


Total angkatan 288kg yang dicatat lifter asal Lampung, kelahiran 24 Juli 1989 itu sempat memecahkan rekor dunia junior, namun tidak lama kemudian rekor tersebut dipecahkan kembali oleh lifter China Long Qingquan dengan total angkatan 292kg.

Total angkatan ini sekaligus mengantarkan Qingquan mempersembahkan medali emas bagi tuan rumah Cina di nomor ini. Sedangkan juara Asia asal Vietnam, Hoang Anh Tuan harus puas dengan mendapat medali perak dengan total angkatan seberat 290kg.

Di dunia angkat besi kelas di bawah 60 kg, Eko sudah menorehkan prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional. Diantaranya Eko pernah meraih medali emas kejuaraan angkat besi dunia yunior di Praha, Republik Ceko tahun 2007, dan mendapatkan penghargaan sebagai /the best lifter/ pada turnamen tersebut.Selain itu Eko pun mendapat medali emas di Sea Games di Thailand, 2007 serta medali emas PON VXII di Kaltim, Juli 2008.

Sementara itu atlet angkat besi Indonesia, Raema Lisa Rumbewas gagal mempersembahkan medali bagi kontingen Indonesia. Lisa yang turun di nomor putri kelas 53 kilogram hanya menempati urutan keempat dengan total angkatan 206 kilogram, yang merupakan total angkatan /snatch/ 91 kilogram dan /clean and jerk/ 115 kilogram.

Dalam pertandingan yang digelar di Beijing /University of Aeronautics and Astronautics Gymnasium/, di Beijing, Ahad (10/8) itu, medali emas akhirnya diraih atlet Thailand P. Jaroenrattanatarakoon, dengan total angkatan 221 kilogram, terdiri dari /snatch/ 95 kilogram dan /clean and jerk/ 126 kilogram.

Medali perak raih atlet Korsel Jinhee Yoon, dengan total angkatan 213 kilogram. Sedangkan medali perunggu diraih atlet Belarusia Nastassia Nivikava. Di angkatan /snatch/ Lisa gagal dalam angkatan kedua seberat 95 kilogram dan angkatan ketiga yang juga 95 kilogram, sementara pada angkatan pertama seberat 91 berhasil dilalui Lisa. Untuk angkatan /clean and jerk/, Lisa berhasil pada angkatan pertama seberat 110 kilogram, angkatan kedua seberat 115 kilogram namun gagal pada angkatan ketiga pada 121 kilogram. afp/cep

1 komentar: