Selasa, 19 November 2013

Kerangka Bocah Beri Petunjuk Kebudayaan Romawi



Berusia Sekitar 1.600 Tahun

BBC.CO.UK/"PRLM"

PETI terbuat dari timah ditemukan di lapangan terbuka.*


LONDON, (PRLM).- Sisa-sisa kerangka bocah Romawi berusia sekitar 1.600 tahun yang ditemukan di Inggris, "kemungkinan perempuan", demikian kata arkeolog.

Peti mati itu ditemukan di sebuah tanah terbuka di wilayah Witherley, Leicestershire bagian barat, pada Oktober lalu.

Arkeolog dari Warwickshire saat ini sedang mempelajari dua gelang yang ditemukan di dalam peti, yang menurut mereka, "menunjukkan bahwa gelang itu milik anak perempuan". Mereka juga berupaya meneliti "sisa-sisa kerangka" yang bakal memakan waktu sekitar lima bulan.

Stuart Palmer, arkeolog Warwickshire, mengatakan: "Kami akan berlaku hati-hati dalam menyaring sisa-sisa kerangka selama beberapa pekan ke depan untuk kemudian analisa lebih rinci."

"Nantinya kami akan mengambil salah-satu sisa-sisa kerangkanya untuk memastikan berapa usia bocah ini saat dimakamkan," ujarnya.

Para arkeolog meyakni bahwa kerangka dalam peti mati ini, yang panjangnya 0,9 meter, adalah bocah dari keluarga kaya bangsa Romawi dan merupakan contoh awal dari pemakaman Kristen.

Arkeolog Stuart Palmer menggambarkan peti mati dan kerangka bocah di dalamanya sebagai temuan yang "sangat penting."

Para ilmuwan mengatakan, mereka berharap temuan kerangka bocah berusia sekitar 1.600 tahun yang tersimpan di dalam peti timah itu dapat mengungkap lebih dalam tentang kebudayaan bangsa Romawi yang saat itu menduduki tanah Inggris.(bbc/A-147)***

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar