Rabu, 29 Januari 2014

Dua Kamera Mengamati Bumi dari Ruang Angkasa

Bantu Pengguna Internet


NASA/"PRLM"

KEDUA kamera dipasang di salah satu lengan Stasiun Ruang Angkasa Internasional, ISS.* 
 
  
 
LONDON, (PRLM).- Dua kamera pengamat Bumi buatan Inggris berhasil dipasang di luar Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS).

Para kosmonot Rusia memasangnya sambil berjalan di ruang angkasa selama enam jam, Senin 27 Januari, setelah upaya sebelumnya pada Desember lalu dibatalkan karena masalah teknis.

Kamera -yang dioperasikan perusahaan Kanada, Urthecast- digunakan untuk mengirim gambar hidup dengan resolusi tinggi kepada para pengguna internet.

Dalam pernyataannya, Urthecast mengukuhkan bahwa kedua kamera sudah mengirimkan data ke Bumi.
"Saat pemasangan, kami mampu menyelesaikan semua uji coba yang diperlukan selama perjalanan di ruang angkasa. Pada saat ini semua telemetri yang diterima dan dianalisis sesuai dengan hasil yang diharapkan," tambah Urthecast.

Video dari kamera pertama akan mampu memberikan resolusi satu juta per piksel, sehingga bisa memperlihakan kerumunan orang dan kendaraan bermotor yang sedang jalan.

Sedangkan kamera yang kedua menyediakan gambar diam dengan resolusi lima juta per piksel.

Kedua kamera dibuat oleh Rutherford Appleton Laboratory, RAL, yang berada di Oxfordshire, Inggris.
Urthecast berharap bisa mengembangkan bisnis pencitraan dari ruang angkasa dan salah satu potensi pelanggan adalah kantor berita yang ingin mendapatkan gambar hidup dari peristiwa-peristiwa penting, seperti dari kawasan perang atau bencana.(bbc/A-147)***

1 komentar: