Senin, 29 Agustus 2011

Jakarta-Bandung Hanya 80 Menit

Penulis: Haryo Damardono | | Marcus Suprihadi | | Senin, 29 Agustus 2011 | 10:46 WIB


Kompas/RWN
Suasana ruas tol Palimanan -Kanci, Cirebon, Minggu (28/8/2011) lancar, setelah terjadi antrean panjang pada malam hingga dinihari.

BANDUNG, KOMPAS.com- Jalur mudik Jakartra-Bandung, Senin (29/8/2011) pagi ini dalam kondisi sepi. Kompas hanya membutuhkan waktu 1 jam 20 menit (80 menit) dari Jalan Radio Dalam Jakarta Selatan menuju kawasan Pasteur, Bandung.

Berangkat dari Radio Dalam pukul 8.30 dan tiba di Pasteur pukul 9.50, rata-rata kecepatan sekitar 120 kilometer per jam. Di tanjakan tol Purwakarta-Padalarang-Pasteur kecepatan bahkan rata-ratanya 100 kilometer per jam.

Umumnya, lalu lintas di tol didominasi oleh kendaraan pribadi. Sangat sedikit bus yang melintas. Sementara itu, truk yang melintas hanyalah pengangkut bahan pokok, atau tangki premium.

Perjalanan hari Senin ini sebenarnya bisa lebih lancar bila mobil-mobil pemudik mau menggunakan lajur kiri dan tidak bertahan di lajur kanan. Sebab, hal itu menghambat kelancaran lalu lintas dan memaksa kendaraan lain harus menyalip dari lajur kiri setelah frustrasi memaksa mobil-mobil itu untuk menyingkir ke lajur kiri.

Beberapa mobil pemudik bahkan sebenarnya cenderung membahayakan dengan bawaan yang terlampau banyak di atap mobil. Juga dengan kaca-kaca mobil yang malah ditutup kain batik, sehingga mempersempit pandangan ke jalan raya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar