Minggu, 19 Mei 2013

Pendaki Perempuan Asal Saudi Taklukkan Puncak Everest



ALARABIYA/"PRLM"



KATHMANDU, (PRLM).- Seorang pendaki gunung asal Arab Saudi Raha Moharrak (25) tercatat sebagai perempuan pertama dari negara itu yang menaklukkan Gunung Everest.

Raha Moharrak mencapai puncak gunung tertinggi di dunia pada Sabtu (18/05) sebagai bagian dari tim yang terdiri dari empat orang.

Moharrak mengatakan pencapaiannya diharapkan akan mendorong perempuan-perempuan lain di Saudi untuk mewujudkan pencapaian baru.

"Saya benar-benar tidak memedulikan predikat pertama," kata Moharrak.
"Selama hal ini memberikan inspirasi kepada orang lain untuk menjadi orang kedua," tambah perempuan itu.

Raha Moharrak tidak hanya menyandang predikat sebagai perempuan Saudi pertama yang mendaki Gunung Everest tetapi juga sebagai orang Arab paling muda pertama yang berhasil mencapai puncak Everest.

Teman satu pendakian termasuk pria pertama asal Qatar dan pria pertama Palestina yang berusaha mencapai puncak gunung tertinggi di dunia.

Mereka berusaha menggalang dana sebesar 1 juta dolar AS untuk membiayai proyek-proyek pendidikan di Nepal.

Berasal dari negara Muslim konservatif, menurut tim ekspedisi, Raha Moharrak harus mengatasi banyak rintangan guna mewujudkan tujuannya.

Disebutkan untuk meyakinkan keluarga Moharrak agar mereka mengizinkan putri mereka "tantangannya sama besarnya dengan gunungnya sendiri", meskipun mereka akhirnya memberikan dukungan penuh. (bbc/A_88)***

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar