Kamis, 28 Februari 2013

Seberapa Cepat Lubang Hitam Berputar?




CFA/"PRLM"
LUBANG hitam supermasif berputar begitu cepatnya, sehingga permukaannya bergerak mendekati kecepatan cahaya.*


HARVARD, (PRLM).- Para astronom telah mengukur tingkat perputaran (spin) dari lubang hitam supermasif untuk pertama kalinya.

Bola masif yang berdiameter lebih dari 2 juta mil ini, delapan kali jarak dari Bumi ke Bulan, berputar begitu cepat sehingga permukaannya bergerak hampir mendekati kecepatan cahaya.

"Ini adalah pertama kalinya seseorang telah secara akurat mengukur spin dari lubang hitam supermasif," kata Guido Risaliti dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics (CFA) dan INAF - Observatorium Arcetri.

Terobosan pengukuran ini dibuat dengan menggunakan data baru dari Nuclear Spectroscopic Telescope Array atau NuSTAR, dan satelit sinar-x XMM-Newton milik Badan Antariksa Eropa.

Para astronom ingin mengetahui perputaran lubang hitam karena beberapa alasan. Yang pertama adalah secara fisik, hanya dua angka mendefinisikan lubang hitam, massa dan spin. Dengan mempelajari dua angka tersebut, Anda mempelajari segala sesuatu yang perlu diketahui tentang lubang hitam.

Yang paling penting, perputaran lubang hitam memberikan petunjuk untuk masa lalu dan perpanjangan evolusi galaksi inangnya. "Spin lubang hitam adalah memori, catatan, dari sejarah masa lalu galaksi secara keseluruhan," kata Risaliti seperti dipaparkan dalam Nature baru-baru ini. (Aya/A-107)***

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar