Kamis, 21 Februari 2013

Belanda Komitmen Lestarikan Kota Tua Jakarta

Kamis, 21 Februari 2013 | 01:53 WIB

Alfiyyatur Rohmah

Suasana kawasan kota tua di depan museum Fatahilah pada Kamis (3/1/2013). Kawasan tersebut dipenuhi pengunjung yang sedang menikmati liburan sekolah.


JAKARTA, KOMPAS.com--Menteri Luar Negeri Belanda Frans Timmersmans menemui Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat. Dalam kunjungan tersebut, Frans menyatakan komitmen pemerintahnya untuk turut membantu pelestarian kota Jakarta, khususnya di kawasan wisata Kota Tua, Jakarta Utara.

"Kawasan wisata Kota Tua yang terletak di Jakarta merupakan salah satu warisan budaya bangsa Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah Belanda berkomitmen untuk membantu melestarikannya," kata Frans usai bertemu dengan Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu.

Selain membantu dalam hal pelestarian, Frans menuturkan pihaknya juga akan berbagi pengalaman dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI, terutama mengenai cara memanfaatkan Kota Tua sebagai salah satu sumber pendapatan ekonomi ibukota dari segi wisata.

"Kami akan ajarkan cara-cara mengembangkan Kota Tua, sehingga menjadi salah satu objek wisata yang menarik di Jakarta, sehingga dapat mengundang lebih banyak wisatawan, sekaligus menambah pemasukan bagi Jakarta," ujar Frans.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Basuki menyambut baik bantuan yang ditawarkan oleh pemerintah Belanda tersebut.

"Dari zaman dahulu, Belanda memang sudah memegang data dan peta arsitek Kota Tua. Jadi, kita izinkan saja mereka untuk membantu penataan dan pelestariannya. Kita juga ingin agar kawasan wisata ini lebih rapi," tutur Basuki.

Basuki berharap dengan adanya bantuan dari pemerintah Belanda, maka keadaan kawasan wisata Kota Tua menjadi lebih rapi, indah dan tertata, sehingga dapat menarik minat lebih banyak wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Sumber :ANT
Editor :Jodhi Yudono

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar