Senin, 03 Desember 2012

Kepiawaian Mimi Rusini Menari Topeng Klasik Gaya Palimanan




Retno HY/PRLM



BANDUNG,(PRLM).- Rasa penasaran penonton untuk menyaksikan Tari Topeng Klasik Cerbon (Cirebon) gaya Palimanan akhirnya terpuaskan. Tampilnya Mimi Tursini (63) pewaris Topeng Klasik Cerbon gaya Palimanan yang merupakan puteri (alm) Mimi Suji Sang Maestro Topeng Cerbon, mengundang decak kagum.

Meski hanya membawakan satu tarian, penampilan Mimi Tursini sebagai pewaris tunggal Topeng Klasik Cerbon gaya Palimanan pada pegelaran seni dan budaya “Sawengi Ning Cerbon” Sabtu (1/12) malam, mampu mengundang kekaguman. Tari Topeng Klana yang dibawakan selama hampir 15 menit diakhiri tepuk tangan penonton yang memenuhi sebagaian tempat duduk Teater Terbuka Balai Pengelolaan Taman Budaya Jawa Barat (Dago Tea House).

MimiTursini adalah putri maestro Topeng Klasik Cerbon gaya palimanan (alm) Mimi Suji. Di usianya yang tidak lagi muda masih berkiprah untuk terus melestarikan topeng gaya Palimanan, aktifitasnya kini menjadi guru tari di sanggarnya Mekar Suji Arum.

“Nenek yang sudah banyak cucu dan cicit gerakannya masih lincah seperti Tursini muda dulu, apalagi kalau menari Wanda Klana, banyak orang berdecak kagum,” ujar Rucita, dari Dewan Kesenian Kab. Cirebon yang turut mendampingi para seniman dan seniwati Cirebon yang mendukung terselenggaranya pegelaran seni dan budaya “Sawengi Ning Cerbon”. (A-87/A-88)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar