Rabu, 12 Oktober 2011

Rencana Iran Terbongkar, AS Terbitkan Peringatan

| Egidius Patnistik | Rabu, 12 Oktober 2011 | 12:35 WIB


Daily Mail
Iran, menurut pihak AS, berencana menyerang kantor kedutaan Israel di Washington, seperti yang tampak dalam gambar ini.

WASHINGTON, KOMPAS.com — Amerika Serikat menerbitkan peringatan teror kepada warga dan diplomat internasionalnya, Selasa (11/10/2011) malam, setelah menyatakan sukses menggagalkan rencana Iran untuk membunuh Duta Besar Arab Saudi untuk Washington.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan, dugaan rencana itu mungkin mengindikasikan sebuah fokus yang lebih agresif Pemerintah Iran pada aktivitas teroris terhadap para diplomat dari negara-negara tertentu, termasuk kemungkinan serangan terhadap Amerika Serikat. "Warga AS yang tinggal dan bepergian ke luar negeri harus memantau Peringatan Departemen Luar Negeri dan informasi wisata lainnya ketika membuat keputusan mengenai rencana perjalanan dan kegiatan mereka selagi di luar negeri," kata peringatan tersebut.

Para pejabat AS sebelumnya mengatakan, para petugas penegak hukum telah membongkar persekongkolan mengerikan yang direncanakan para petinggi Pemerintah Iran. Para elite di Pasukan Quds berupaya untuk memperoleh bahan peledak dari sebuah geng narkoba Meksiko.

Iran membantah tuduhan itu. Negara itu mengatakan tuduhan tersebut sebagai sebuah "plot jahat". Bantahan itu disampaikan dalam sebuah pengaduan ke Perserikatan Bangsa-Bangsa. Di situ pula Teheran menuduh Amerika Serikat dan Israel telah merancang dan melakukan pembunuhan terhadap sejumlah ilmuwan nuklir Iran.

Saling tuduh ini semakin memperburuk keretakan antara Washington dan Teheran. Hubungan kedua negara selama terganggu terkait dengan program nuklir Iran dan dukungan negara itu terhadap kelompok militan anti-Israel di Timur Tengah.
Sumber : AFP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar