Jumat, 06 Juli 2012

Masyarakat Umum Bisa Menikmati Kereta Gantung Thames




BBC/"PRLM"
KERETA gantung Thames dapat mengangkut 2.500 orang per jam.*
 
 

LONDON, (PRLM).- Kereta gantung Thames, yang melintas di atas sungai di London timur, telah dibuka untuk umum. Kereta gantung yang disebut Emirates Air Line ini menghubungkan kawasan O2 Arena -tempat yang sering digunakan untuk pertunjukan musik- di Greenwich dan tempat pameran ExCell di daerah Royal Docks.

Kereta gantung ini dapat mengangkut maksimum 2.500 orang per jam. Tiket untuk orang dewasa dengan kartu Oyster -kartu langganan transportasi umum di London- seharga £3,20 (sekitar Rp45.000) dan bila membayar dengan uang tunai seharga £4,30, menurut Badan Transportasi London (Tfl).

Kereta gantung ini akan buka mulai pukul 7:00 sampai 21:00 pada hari kerja dan satu jam lebih lambat pada akhir pekan. Para penumpang juga dapat memesan tiket bolak balik dengan kereta gantung ini yang menawarkan pemandangan kawasan perkantoran Canary Wharf dan Taman Olimpiade.

Perusahaan penerbangan Emirates yang berkantor di Dubai mensponsori kereta gantung itu selama 10 tahun dengan biaya £36 juta. Biaya total proyek kereta gantung ini sekitar £60 juta termasuk £45 juta untuk pembangunan kereta, kata Tfl.

Wali Kota London, Boris Johnson, menyebut kereta gantung ini sebagai "tambahan yang mengesankan atas jaringan transportasi London" dan salah satu tempat yang harus dikunjungi.

"Kami dapat menyediakan jaringan transportasi ini dalam waktu cepat dan hari ini, kami telah menunjukkan bahwa kota ini dapat menarik investasi serius dalam prasarana kelas dunia. Karena fokus dunia adalah kota kami, saya rasa kereta gantung ini akan menjadi pesan tersendiri ke seluruh dunia," tambahnya.

London akan menjadi tuan rumah Olimpiade yang akan diselenggarakan dari tanggal 27 Juli sampai 12 Agustus 2012.(bbc/A-147)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar