Kamis, 26 September 2013

Sedot Darah Beku antara Kaki Hingga Jantung



UCLA/"PRLM"
PROSES menyedot darah beku pada pembuluh nadi yang terbentang dari kaki hingga ke jantung.*
 
 
CALIFORNIA, (PRLM).- Todd Dunap (62) berhasil menjalani operasi yang pertama kali dilakukan tim medis, menyedot darah beku pada pembuluh nadi yang terbentang dari kaki hingga ke jantung.

Operasi yang dijalani pria asal California, AS itu sangat berisiko, karena bisa mempengaruhi paru-parunya. Namun darah beku sepanjang 24 inch atau 61 cm itu harus dibuang karena bisa mematikan secara instan.

Prosedur invasif minimal memakai peralatan yang dinamai AngioVac menjadi tawaran selain operasi jantung terbuka. Prosedur operasi minimal itu bisa menjadi populer di masa depan.

Todd menerima tawaran Dr John Moriarty dari IGD Pusat Medis UcLA, Agustus 2013. Dan hanya sepekan setelah operasi, dia sudah beraktivitas kembali dan bermain bersama cucu berusia sembilan bulan.

Prosedur operasinya dimulai dengan tim medis yang beranggotakan ahli radiologi dan bedah jantung memasukkan kamera mini lewat kerongkongan. Kamera itu untuk memantau jantung dan nantinya memandu selang melalui pembuluh arteri di leher yang menuju jantung.

Sementara ujung selang satu lagi dipasang pada pembuluh vena di dekat selangkangan.
Lantas mesin pompa sentrifugal mulai menyedot darah beku dari pembuluh arteri di leher dan disaring untuk dipisahkan dari cairan darah. Darah yang terbebas dari darah beku kemudian dipompakan ke saluran vena di kaki. Dengan demikian mengurangi kebutuhan transfusi darah.

Operasi itu berlangsung selama tiga jam. Sementara prosedur operasi jantung terbuka membutuhkan waktu dua kali lipat, karena harus membelah tulang dada. (A-88/dailymail)***

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar