Kamis, 12 September 2013

Pemburu Badai Berhasil Mengabadikan "Supercell" Tornado




SOLENT NEWS/"PRLM"

PEMBURU badai, Marko Korosec, tidak bisa mempercayai penglihatannya saat kepergok dengan formasi awan supercell yang menakutkan.*
 
 
TEXAS, (PRLM).- Awan badai menggantung di atas ladang menghijau dan jalanan sepi, sebuh ancaman yang akan memulai kehancuran.

Seperti pesawat ruang angkasa yang melayang di atas bumi, formasi awan silinder ini saat menyentuh bumi akan membentuk putaran badai tornado yang akan memorakporandakan apapun yang dilewatinya.

Seorang pemburu badai Marko Korosec (31) berada di sebuah ekspedisi di Amerika Serikat selama 26 hari saat ia berhadapan dengan formasi awan paling menakutkan ini.

Seperti dilaporkan laman Mail Online, Rabu (11/9/2013) Marko, seorang administrator sistem untuk informasi cuaca jalanan, berhasil menjepret tiga badai di Lembah Tornado di Texas, Kansas, dan Colorado.

Dari jarak 1km ia mengamati adegan itu setidaknya satu jam pada suatu waktu, mengatakan tornado itu merobek pohon dan kabel telepon pada lintasannya. Kondisi unik di lembah ini mengindikasikan bahwa tornado sering terbentuk sini.

Udara hangat dan lembab dari Teluk Meksiko bertemu udara dingin dan kering dari Pegunungan Rocky dan Kanada, secara intens menciptakan badai penghasil tornado yang dikenal sebagai supercell.

Badai-badai supercell mengandung pilar berputar, yang disebut mesocyclone, memberikan awan-awan ini bentuk lingkaran mirip pesawat ruang angkasa. (Aya/A-147)***

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar