Rabu, 28 Desember 2011

48 Jam di Bandung Selatan

Ni Luh Made Pertiwi F | I Made Asdhiana | Kamis, 22 Desember 2011 | 12:28 WIB


DOK BUDPAR
Kawah Putih di Ciwedey.


KOMPAS.com – Akhir pekan ini, Bandung bisa menjadi pilihan destinasi wisata. Apalagi bagi Anda yang tinggal di kawasan Jakarta dan sekitarnya. Bandung sudah menjadi tujuan wisata favorit karena akses yang mudah.

Tak hanya bagi Jakarta, turis domestik dari Pulau Jawa maupun luar Pulau Jawa pun ramai mengunjungi Bandung. Apa yang paling “laku”? Tentu saja wisata belanja dan wisata kuliner. Bandung bagian utara misalnya mengalami pekembangan pesat dan menjadi tujuan favorit saat wisatawan bertandang ke Bandung.

Padahal, Bandung selatan pun menawarkan beragam wisata alam yang tak kalah menarik. Jika Anda tipikal wisatawan karatan bagi Bandung utara, maka berbeloklah ke Bandung Selatan. Berikut contoh jadwal wisata selama 48 jam di Bandung selatan.

Pagi hari saat Anda sampai di Bandung, langsung arahkan mobil sewaan maupun mobil pribadi Anda ke arah Kawah Putih yang berada di Ciwedey. Anda harus memarkir mobil di parkiran utama kemudian melanjutkan perjalanan dengan mobil terbuka menuju kawah putih.

Pesona kawah putih yang cantik dan aroma belerang yang kuat. Hati-hati jika tak kuat, kepala bisa pusing karena aroma ini. Kawah berlerang menampilkan warna putih susu kebiruan. Namun seringkali warnanya berubah kehijauan tergantung kadar belerang. Ibarat danau berisi belerang di tengah tebing-tebing kawah.

Puas melihat kecantikan kawah putih, kembali ke parkiran dan nikmati aneka jajanan dari stoberi. Jangan lupa membeli stoberi sebagai oleh-oleh. Kemudian arahkan mobil ke Situ Patenggang. Danau luas yang memiliki “pulau” kecil di tengahnya. Naiklah perahu untuk menuju pulau ini. Pemandangan danau dan hamparan kebun teh akan memanjakan mata Anda.

Di kawasan danau ini terdapat sebuah legenda, sebuah kisah percintaan antara manusia dan putri titisan dewi. Cinta mereka terpisah lama dan akhirnya bertemu kembali di sebuah batu. Nah di pulau tersebut Anda bisa menemukan batu yang disebut sebagai batu cinta.

Konon, jika ada pasangan yang mengucapkan janji setia di batu ini, maka hubungan mereka akan langgeng. Tak heran, banyak wisatawan yang datang khusus bersama pasangan untuk mengunjungi batu cinta dan mengucapkan sumpah setia.

Selesai menikmati kesejukan udara Situ Patenggang dan kecantikan panoramanya, Anda bisa kembali ke kota dan berwisata kuliner di daerah tersebut. Bersiap-siaplah kebingungan karena pilihan rumah makan memang banyak.

Kelar makan, barulah Anda check-in di hotel yang telah Anda beberapa hari sebelumnya. Pilih hotel yang masih di seputaran tempat wisata Trans Studio Bandung. Ada banyak hotel di kawasan ini, mulai dari hotel melati hingga hotel berbintang. Harga hotel berbintang mulai dari Rp 400.000.

Keesokan harinya, kunjungan berlanjut ke Trans Studio Bandung. Beli tiket terusan dan puaskan diri bermain di semua wahana yang ada di Trans Studio Bandung. Sore hari, lanjutkan perjalanan menuju Jalan Riau. Tetap saja tak akan lengkap pergi ke Bandung tanpa berbelanja.

Di Jalan Riau banyak terdapat factory outlets dan juga pedagang kaos yang berdagang di pinggir jalan. Harga sangat variatif mulai dari harga kaki lima sampai harga mahal ala butik. Di kawasan ini juga banyak terdapat rumah makan dan restoran yang cocok untuk petualangan kuliner Anda.

Selain beberapa tempat ini, di Bandung selatan juga terdapat obyek wisata menarik lainnya seperti Rancaupas yang merupakan kompleks perkembahan dan tempat penangkaran rusa. Lalu ada Cimanggu dan Ciwalini yang terdapat mata air panas sehingga cocok sebagai tempat pemandian air panas. Kemudian Situ Cileunca yang merupakan danau buatan dan dikelilingi bukit-bukit. Di sini ada tempat melakukan aktivitas rafting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar