Kamis, 13 November 2008

Bubuhkan Nomor Halaman pada Notepad


PCPLUS

Ada cara untuk memberikan nomor halaman pada dokumen yang dibuat dengan si penyunting teks yang amat sederhana bernama Notepad. Caranya seperti ini.


1. Setelah dokumen dibuka dengan Notepad, klik menu [File] > [Page Setup].

2. Setelah mengisi “Paper Size”, “Paper Source”, “Orientation”, dan “Margins”, sekarang lihatlah pada ”Header” dan “Footer”.

3. Jika Anda ingin membubuhkan halaman pada bagian atas halaman, isilah bagian Header. Tapi, kalau Anda ingin nomor halaman muncul di bawah, isikan “Footer”. Isikan salah satu (atau keduanya) dengan “&p”. Anda bisa juga mengisikannya dengan “Halaman &p” agar ketika dokumen dicetak, muncul “Halaman 1”, “Halaman 2”, “Halaman 3” dan seterusnya.

4. Nomor halaman biasanya muncul di tengah. Bila Anda ingin menampilkan halaman tersebut di bagian kiri, maka bubuhkan lagi “&l”. Kalau mau di tengah bubuhkan “&c” atau “&r) untuk membubuhkan nomor halaman di kanan. Contoh penulisannya jadi begini: “&l Halaman &p”.

5. Bukan hanya nomor halaman yang bisa dimunculkan. Anda juga bisa membubuhkan nama file. Bubuhkan “&f” untuk menampilkan nama file. Tambahkan “&t” untuk membubuhkan waktu pembuatan file.

Sumber: PCplus

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar