Sabtu, 07 Januari 2012

Puluhan Wisatawan Belanda Belajar Bikin Kue Ali


Puluhan wisatawan asal Belanda berkunjung ke Kampung Wisata Cikaret Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor. - inilah.com/Dian Prima

Oleh: Dian Prima
Jabar - Selasa, 3 Januari 2012 | 20:18 WIB


INILAH.COM, Bogor - Puluhan wisatawan asal Belanda berkunjung ke Kampung Wisata Cikaret Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor. Kedatangan wisatawan Belanda tersebut diterima Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Cabang Kota Bogor Bagus Karyanegara.

Dalam kunjungannya, rombongan wisatawan mancanegara tersebut melihat secara dekat proses pembuatan sandal. Selain itu mengunjungi pengrajin kue ali atau yang lebih dikenal dengan nama kue cincin. Kue ini merupakan salah satu makanan khas Bogor.

Selain itu, wisatawan asal Negeri Kincir Angin tersebut juga mengunjungi proses pembuatan wayang golek sekaligus menikmati secara langsung pertunjukan wayang golek dengan durasi 10 menit. Setelah itu mereka meninjau produksi boneka poty yang terbuat dari sabut kelapa.

Selanjutnya, rombongan melanjutkan perjalanan untuk melihat kegiatan masyarakat Kelurahan Cikaret yakni kegiatan Posyandu. Di sana mereka melihat alat-alat yang berkaitan dengan kesehatan dan buku-buku serta permainan anak-anak.

Perjalanan rombongan dilanjutkan dengan melihat tempat penampungan air yang didistribusikan ke rumah-rumah warga. Tur wisatawan dari Belanda berakhir di Sanggar Kompepar yang lokasinya sangat strategis, karena bisa melihat pemandangan Gunung Salak dan persawahan .

Pada kesempatan tersebut Ketua HPI Kota Bogor Bagus Karyanegara memberikan cinderamata berupa gantungan kunci. Bagus mengatakan, pihaknya telah mencatat pada 2012 sudah banyak terdaftar rombongan wisatawan lainnya yang akan berkunjung kembali ke Kampung Wisata Cikaret.

“Para wisatawan Belanda selama melakukan kunjungan di Kampung wisata Cikaret merasa terkesan. Mereka pun siap membantu mempromosikan Kampung Wisata Cikaret Kota Bogor di negaranya,“ jelas Bagus, Selasa (3/1/2012).[jul]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar