Selasa, 10 Agustus 2010

Wisata Belanja Hari Minggu ke Gasibu Bandung

Seingat saya sewaktu masih SMP hingga SMA, mendengar kata Gasibu sudah langsung berujar tempat berolahraga umum depan Gedung Sate, selain tempat olahraga sering digunakan sebagai tempat latihan paskibraka, tempat kegiatan kegubernuran, tempat hiburan, atau tempat pameran.

Gasibu yang letaknya di Jalan Diponegoro berhadapan dengan Gedung Sate, tempat Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Berkantor. Seiring berpacunya waktu, Gasibu yang dahulunya tempat berolahraga massal kini beralih fungsi menjadi tempat berjualan massal. Saya juga tidak mengerti mengapa sarana olahraga bisa berubah fungsi menjadi tempat berjualan. Kalau yang berjualan di sekitar Gasibu banyak, tetapi pada hari Minggu menjadi luar biasa, banyak sekali yang berjualan, hingga tidak ada lagi tempat untuk berolahraga, jangankan untuk berolahraga, jalan menuju Gasibu saja sudah macet.

Adiku sering pergi ke Gasibu, membeli baju, sepatu, serta pernak-pernik. Pada hari Minggu, 8 Agustus 2010 aku diajak oleh adikku ke Gasibu. Aku ikut karena penasaran dengan kondisi Gasibu, seperti apa sih kondisinya. 

Dari rumah aku dan 2 adiku naik angkot jurusan Cileunyi-Cicaheum, turun di Cicaheum ganti angkot, naik angkot lagi jurusan Cicaheum-Ciroyom. Jalan Suci (Surapati-Cicaheum) menjadi lebih lebar tapi sayang tidak ada pohon-pohon rindang di pinggir jalannya. Baru pukul 9 pagi tapi sudah terasa panas. Mengapa setelah memperbaiki jalan tidak lagi menanam pohon agar menjadi teduh seperti ketika aku masih SMP. 

Angkot baru sampai Pusdai tetapi sudah terjebak kemacaetan, kami akhirnya memutuskan untuk turun dari angkot, begitu juga dengan penumpang yang lain segera turun dari angkot. 

Trotoar jalan sudah penuh oleh para pedagang, pinggir jalan sudah penuh oleh kendaraan roda dua yang dijaditan tempat parkir. Adiku mulai melihat ke kanan dan ke kiri apa saja yang sekiranya akan dibeli. Perjalanan menjadi lambat saking sesaknya oleh orang yang lalu lalang, ada yang sekadar melihat-lihat, ada yang membeli barang, ada yang sedang makan, pokonya penuh sesak. 

Menelusuri trotoar jalan sampai ke Jalan Diponegoro, wah penuh perjuangan. Ternyata ada beberapa  jalan yang sengaja ditutup. Keringat semakin bercucuran, adiku asyik mencari barang yang diinginkannya. Ini baru satu tempat, Gasibu, memang kalau hari Minggu di kota Bandung ada beberapa tempat berjualan seperti pasar tumpah, seperti, Samsat, Metro, dan Unpad Jatinangor. Mungkin masih banyak tempat yang menjadi pasar tumpah yang saya tidak tahu.

Untuk meminimalisasi penasaran, saya tampilkan dalam bentuk foto, apa yang terjadi pada Hari Minggu di daerah Gasibu, Bandung. Selamat menikmati....!!!!

 











Anda yang belum pernah ke Gasibu pada hari Minggu, silakan datang, hati-hati ada copet yang selalu mengintai Anda, tidak hanya uang yang jadi sasaran hp pun jadi sasaran empuk para "ahli kerajinan tangan" tersebut!

Selamat berbelanja....!!!!!!!!!!!!!!!!!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar