Kamis, 14 Agustus 2008

Tips Mengajak Anak Rajin Sikat Gigi



Bagi orangtua mengajarkan anak untuk menyikat gigi seringkali menimbulkan kesulitan. Yang perlu diingat adalah membuat ritual tersebut menjadi sesuatu yang menarik dan menyenangkan.
Ada beberapa tips dan trik agar si kecil rajin menjaga gigi tetap sehat dengan menyikat secara teratur, antara lain:

  1. Menyikat gigi bersama-sama dengan anggota keluarga yang lain menjelang tidur malam. hal ini menjadi kegiatan yang menyenangkan dan dapat memperat rasa memiliki serta dapat memberi contoh yang baik kepada anak.


  2. Sikat gigi dengan penunjuk waktu dan dilengkapi lampu kecil dapat membuat anak menyikat gigi dalam waktu yang cukup lama dan mengalihkan perhatian anak dari hal-hal lain yang menyenangkan.


  3. Beri kesempatan anak untuk membersihkan gigi orang tuanya. Hal ini dapat menumbuhkan perhatian anak kepada menyikat gigi. hendaknya orang tua bersedia untuk hal ini.


  4. Sesekali gunakan tangan kiri dan kanan secara bergantian ketika Menyikat gigi. Hal ini dapat melatih anak untuk konsentrasi dan waktu menyikat gigi berlalu seperti saat bertamasya.


  5. Gunakan cairan anti plak yang berwarna merah untuk mengecek plak pada gigi. Lumurkan Cairan ini disekitar gigi dan gusi. warna merah yang menempel pada gigi menunjukan bahwa gigi tersebut kotor. sikat gigi sampai warna merah hilang atau berkurang.


  6. Ajak anak ke dokter gigi sejak usianya dua tahun. Kunjungan rutin ke dokter gigi dapat mengurangi resiko karies pada gigi dan mencegah kerusakan gigi. untuk menyiasati ketakutan pada anak, orang tua dapat membawanya ke dokter gigi yang biasa menangani kesehatan gigi anak.


  7. Dengan penjelasan dan pemahaman yang menarik serta didampingi orang tua, kunjungan ke dokter gigi bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan, ibarat kunjungan ke taman bermain. (gesundheit.de/cr1/rin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar