Jumat, 08 Agustus 2008

Unpad Akan Hapus Program Kelas Khusus di Beberapa Fakultas


Ikaunpad.net

BANDUNG,(PR).-

Universitas Padjadjaran akan menghilangkan program kelas khusus atau ekstensi di sejumlah fakultas. Sebagai awal, ekstension Fakultas Ekonomi akan dihilangkan pada tahun 2009.

Rektor Unpad Ganjar Kurnia mengatakan, penghapusan program kelas khusus atau ekstension ini dimaksudkan untuk menjadikan program D-3 sebagai terminal akhir. Dengan demikian, mahasiswa yang telah menempuh program D-3 tidak perlu lagi melanjutkan ke program ekstensi.

"Kalau mau S-1, putuskan sejak awal dan langsung pilih program S-1 pada saat mendaftar. Sebab ditengarai selama ini mahasiswa yang masuk D-3 adalah mereka yang tidak lolos di S-1, sehingga setelah lulus D-3 mereka melanjutkan lagi ke ekstensi supaya bergelar S-1," kata Ganjar yang ditemui usai Kuliah Umum Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah yang digagas Ikatan Alumni Unpad, Kamis (7/8) di Graha Sanusi Hardjadinata (Aula) Unpad, Jln. Dipati Ukur Bandung.

Menurut Ganjar, meski belum ada pembicaraan lebih mendalam tentang penghapusan ini, namun ada beberapa fakultas yang sudah menyatakan kesiapannya untuk menghapus program kelas khusus ini. Di antaranya Fakultas Ekonomi. 

"Sekarang kita sedang melakukan studi tentang perbandingan lulusan D-3, S-1, S-2, dan S-3 di Unpad. Sebab kita ingin meningkatkan jumlah lulusan S-1 dan seterusnya. Ke depan kami ingin Unpad menjadi research university, di mana harus lebih banyak menghasilkan lulusan S-1, S-2, dan S-3," ungkapnya.

Menurut Ganjar, lulusan D-3 yang melanjutkan ke S 1 akan menemui kesulitan . Sebab, mata kuliah yang diterima bukan mata kuliah lanjutan dari D-3. Belum lagi biaya dan waktu lebih panjang untuk menyelesaikan studi S-1. 

Ganjar menargetkan penghapusan program kelas khusus di Unpad bisa selesai pada 2011. "Kalau program ekstensi ini sudah hilang, kami akan mengembalikan program pascasarjana ke fakultasnya masing-masing," ungkapnya. (A-157)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar