Kamis, 07 Agustus 2008

YouTube Siarkan Olimpiade


GETTY IMAGES/ JEWEL SAMAD

Takut kehilangan waktu menyaksikan siaran langsung Olimpiade? Jangan khawatir, klik saja YouTube di alamat www.youtube.com. Tidak usah menangisi stasiun televisi siaran yang tidak mempunyai hak menyiarkan langsung pesta olahraga terbesar sedunia itu. Pasalnya, situs video sharing milik Google itu akan membuat terobosan baru dengan membuat live streaming Olimpiade Beijing di 77 wilayah dunia, termasuk Indonesia!


”Untuk pertama kali dalam sejarah Olimpiade kami akan memperoleh liputan global yang komplet secara online. IOC akan memiliki saluran dan fasilitas produksi konten sendiri,” kata Timo Lumme, Direktur International Olympic Committee (IOC) untuk layanan televisi dan pemasaran, seperti dikutip Reuters, Senin (4/8).

YouTube memulai live streaming atau siaran langsung secara online di internet itu pada Rabu (6/8), saat event pertama Olimpiade dimulai hingga Olimpiade selesai. Sementara itu, media baru seperti blog dan video sharing online juga memungkinkan jumlah penonton Olimpiade menjadi membengkak.

Pada Olimpiade 2004 di Athena, liputan online berlangsung untuk tempat-tempat tertentu saja. Bahkan atlet pun dilarang nge-blog selama berlangsungnya Olimpiade. Kini, atlet diberi kebebasan untuk nge-blog dan mengisi konten dengan apa yang telah dilakukannya selama berlangsungnya pesta Olimpiade Beijing itu.

Dengan menyiarkan langsung Olimpiade, YouTube pun dapat memperoleh iklan, tetapi hanya dari perusahaan-perusahaan yang menjadi sponsor resmi Olimpiade. Diharapkan, sedikitnya 200 juta pengunjung akan mengklik YouTube saat Olimpiade berlangsung. (PEP)

PEP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar