Jumat, 08 Agustus 2008

KUA Kebanjiran Order Menikahkan di 8-8-08


TPGIMAGES/TPG00596560 
Ilustrasi: Perkawinan


JAKARTA, JUMAT - Tanggal cantik 8 Agustus 2008 yang jatuh pada hari Jumat ini ternyata menjadi primadona bagi pasangan yang akan menikah. Terbukti, dua Kantor Urusan Agama (KUA), KUA Tebet dan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, mengaku menerima pendaftaran pasangan yang menikah pada hari ini dengan jumlah dua kali lipat lebih banyak. Akhirnya, KUA pun harus kerja keras mengatur jadwal ijab kabul sang pengantin.  


Staf pelaksana KUA Tebet, Didik, mengatakan, pihaknya sudah menerima order menikahkan pada tanggal 8-8-08 sejak setahun lalu. Sejak setahun lalu sudah ada yang mendaftar. Hari ini sesuai jadwal, ada 28 pasangan yang mendaftar akan menikah hari ini. "Biasanya paling kita 20 juga udah banyak, tapi kan umumnya hari Sabtu-Minggu," ujar Didik saat dihubungi Kompas.com, Jumat (8/8) pagi. Dengan jumlah pendaftar yang mencapai 28 pasang, maka enam orang penghulu di KUA Tebet pun harus bekerja ekstra keras.  

Hal yang sama juga terjadi di KUA Pasar Minggu, Jakarta Selatan. KUA ini menerima pendaftaran menikahkan sebanyak 37 pasangan. "Hari ini memang luar biasa. Kita lumayan kewalahan mengatur jadwalnya. Bayangkan saja, yang mendaftar ada 37 pasangan, sementara jumlah penghulunya cuma 7 orang," kata staf KUA Pasar Minggu, Yayah, saat dihubungi terpisah.  

Membeludaknya jumlah pasangan yang menikah hari ini membuat KUA harus meminta pengertian pasangan yang menikah. Sebab, jadwal yang padat dengan jumlah penghulu yang terbatas membuat kemungkinan jadwal molor semakin besar. "Ini aja, penghulunya sudah mulai menikahkan jam setengah tujuh pagi. Lanjut terus agak siang, terus siang habis jumatan, nanti jam 4 sore juga ada dan terakhir malam," jelas Yayah. Normalnya, KUA Pasar Minggu menerima sekitar 15 pasangan yang akan dinikahkan setiap minggu.  

Setelah 8-8-08, Yayah pun meyakini fenomena yang sama akan terjadi tahun depan, pada tanggal 9-9-09. Ada yang tertarik? (ING)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar