Jumat, 08 Agustus 2008

Slogan Carrefour dan Perlakuan Karyawannya


Carrefour Jln. Soekarno-Hatta

SAYA adalah seorang ibu yang punya anak usia tiga bulan. Pada Sabtu malam, 2 Agustus 2008 saya berencana membeli susu anak saya di Carrefour karena terakhir saya beli harganya lebih murah daripada supermarket/toko lain. Tetapi alangkah kagetnya, karena harganya menjadi naik cukup tinggi. Akhirnya saya mengurungkan niat untuk membeli susu tersebut, karena sehari sebelumnya saya cek harga di supermarket lain di Dago, harganya lebih murah. 


Pada hari yang sama setelah saya pulang dari Carrefour, saya coba cek harga susu tersebut di Griya Yogya Kebaktian, dekat rumah saya. Ternyata harga tersebut jauh lebih murah dibandingkan dengan harga di Carrefour. Saya coba konfirmasi pegawai di Griya apakah harga tersebut promo atau diskon, ternyata jawaban pegawai tersebut "tidak", kesimpulan saya berarti harga tersebut normal.

Keesokan harinya, Minggu sore, 3 Agustus 2008, saya berencana membeli susu tersebut di Griya dan di  karena saya melihat slogan iklan yang sangat besar terpampang di lampu merah sekitar Jln. Soekarno-Hatta bahwa Carrefour akan mengganti 10 x lipat selisih harga produk tertentu apabila di Carrefour lebih mahal dan Carrefour menjamin harga paling murah. 

Oleh karena itu, pada hari itu saya berniat mengklaimnya karena selisih harga yang sangat jauh sekitar +/- Rp 16.000,00, maka apabila dikali 10, sekitar Rp 160.000,00. Tetapi karena ketentuan nilai maksimal Rp 100.000,00 maka diganti Rp 100.000,00.

Akan tetapi, hal yang tidak menyenangkan terjadi saat saya akan mengklaim. Kata petugas yang dipanggil oleh orang di bagian informasi, dengan nada ketus (tidak ramah) beliau menerangkan bahwa harga tersebut sedang promo di Griya, katanya informasi tersebut didapat dari pegawai Griya yang menurut saya tidak jelas. Setahu saya apabila harga tersebut promo atau sedang diskon, akan dicantumkan dalam struk pembelian. Mereka kembali bertanya kepada saya. Saya jawab kalau ibu tidak yakin, ibu boleh cek langsung ke Griya dan saya bisa menerima apabila memang ada bukti kuat. Akhirnya saya berkesimpulan:

1. Carrefour harusnya lebih matang apabila komit dengan slogan "10 x lipat kami ganti selisihnya".

2. Seharusnya sebelum disebarluaskan kepada masyarakat, terlebih dahulu disosialisasikan ke pegawai, karena pada saat itu sebagian pegawai yang saya tanya tentang ketentuan slogan tersebut, tidak mengetahuinya.

3. Mohon pegawai dapat ditatar tentang kesopanan untuk melayani konsumen dengan baik.

Akhir kata, semoga kejadian ini tidak terulang dan saya ucapkan terima kasih kepada "PR" atas dimuatnya tulisan ini.

Dini Y. Ramedhan
Jln. Wuluku No. 14 Bandung
Telf. 08562016154

Tidak ada komentar:

Posting Komentar