Rabu, 10 April 2013

Intel: Thunderbolt 2.0 Tembus Kecepatan 20 Gbps

Rabu, 10 April 2013, 00:05 WIB


Intel


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Intel mengumumkan versi terbaru Thunderbolt yakni Thunderbolt 2.0 yang mendukung untuk transfer data hingga kecepatan 20 Gbps (gigabita per detik).

Pada acara National Association of Broadcasters (NAB) 2013 yang dihelat di Las Vegas, AS, pembesut Thunderbolt yakni Intel memperkenalkan versi terbarunya yakni Thunderbolt 2.0.

Inovasi ini diklaim mampu menghadirkan kecepatan transfer data hingga 20 Gbps pada kedua arah (full duplex) dimana versi sebelumnya hanya mencapai 10 Gbps, seperti dilansir engadget.com, Selasa.

Lebih lanjut, teknologi Thunderbolt 2.0 yang akan hadir di pasar pada beberapa bulan kedepan tersebut, kabarnya telah diminati hingga 200 lisensi dan diprediksi masih akan bertambah.

Pada peluncuran tersebut, Intel turut memperkenalkan Thunderbolt host controller yang mengusung kode Redwood Ridge. Pengatur tersebut nantinya akan terintegrasi dengan processor core generasi keempat yang bakal hadir.

Dengan kemampuannya, Thunderbolt 2.0 diklaim mampu melakukan streaming video dengan resolusi 4K secara simultan. Produksi Thunderbolt 2.0 direncanakan selesai pada 2014.

Hal ini dibuktikan melalui demo yang dilakukan oleh Intel, dimana Thunderbolt 2.0 sukses melakukan transfer data pada kecepatan 1,2 Gbps.

 Redaktur : Yudha Manggala P Putra
Sumber : Antara

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar