Rabu, 17 April 2013

Pelabuhan Tertua Ditemukan di Mesir





KAIRO, (PRLM).- Para arkeolog telah berhasil menemukan apa yang dianggap sebagai pelabuhan tertua di dunia. Pelabuhan ini, ditemukan di pantai Laut Merah, diyakini berusia 4.500 tahun, saat Firaun Khufu, Dinasti Keempat berkuasa.

Tim percaya ini salah satu pelabuhan komersial yang paling penting dari Mesir kuno, dan akan digunakan untuk pelabuhan ekspor tembaga dan mineral lainnya dari Semenanjung Sinai. Selain itu, ditemukan pula potongan-potongan papirus kuno, yang berisi rincian menarik tentang kehidupan sehari-hari orang Mesir kuno.

Pemerintah Mesir telah mengkonfirmasi bahwa para arkeolog telah menemukan berbagai dermaga, serta koleksi jangkar batu berukir, seperti dilaporkan NBC.

Pelabuhan, yang dibangun di atas pantai Laut Merah di daerah al-Wadi Jarf, 112 km sebelah selatan dari Suez, ditemukan oleh tim dari Institut Prancis untuk Studi Arkeologi.
Pelabuhan ini dianggap 1.000 tahun lebih tua daripada struktur pelabuhan lain di dunia.

Tim juga menemukan koleksi 40 papirus yang menggambarkan kehidupan sehari-hari orang Mesir kuno selama 27 tahun pemerintahan Firaun Khufu. Khufu meninggal sekitar 2566 SM. Lembaran kuno ini mencakup rincian pengaturan untuk mendapatkan roti dan bir kepada para pekerja menuju keluar dari pelabuhan.

Menurut Menteri Barang Antik Mesir, Mohamed Ibrahim, ini adalah papirus tertua yang pernah ditemukan di Mesir. Salah satu papirus kuno menceritakan kegiatan pejabat bernama Merrer, yang terlibat dalam pembangunan Piramida Agung Giza, makam Khufu.

"Dia terutama melaporkan tentang perjalanannya ke tambang batu kapur Turah untuk mengambil bongkahan batu untuk membangun piramida. (Aya/A-147)***

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar