Jumat, 19 April 2013

Terapi Bekam Kini Digemari Selebriti Hollywood


Untuk Menghilangkan Depresi

 
SURREY, (PRLM).- Saat ia berpose untuk fotografer di karpet merah, bintang Hollywood Jennifer Aniston tampil dengan pakaian rendah, dan yang mengagetkan ia memamerkan serangkaian tanda melingkar yang tidak sedap dipandang di kulit punggungnya. Rupanya itu adalah bekas pengobatan alternatif.

Namun, Aniston bukanlah yang pertama yang memiliki tanda lingkaran di punggungnya, kini banyak bintang Hollywood tengah keranjingan dengan pengobatan alternatif yang di Indonesia dikenal dengan terapi bekam ini.

Bekam atau hijamah adalah terapi Asia kuno di mana sebuah alat seperti mangkuk yang dipanaskan lalu ditempelkan ke kulit, yang menciptakan daya hisap yang bisa meningkatkan aliran darah.

Menurut para praktisi cara pengobatan ini bisa menyembuhkan segala penyakit dari mulai nyeri otot hingga selulit dan depresi.

Aktris Gwyneth Paltrow juga mengikuti tren bekam ketika ia menghadiri pemutaran film perdana pada tahun 2004 dengan bekas melingkar khas terlihat jelas di punggungnya. Selebriti lainnya adalah Victoria Beckham, bintang tenis Andy Murray juga telah menyatakan dirinya sebagai pemuja bekam yang dalam bahasa Inggris disebut cupping.

Tradisi bekam diperkirakan dimulai sejak 5.000 tahun yang lalu, terapi yang mirip akupunktur, dan didasarkan pada gagasan bahwa hisapan dari gelas menarik kulit dan memobilisasi darah dan energi ke seluruh tubuh.

'Jika seseorang mengalami stres, atau mengalami trauma fisik, energi dalam tubuh mereka bisa menjadi stagnan," papar Ian Stones, ahli akupunktur di Farnham, Surrey, dan anggota British Acupuncture Council, yang telah berlatih bekam selama enam tahun.

"Bekam memungkinkan darah dan energi untuk bergerak lagi dan menuju ke daerah yang sakit untuk memulai proses penyembuhan. Terapi ini juga cukup mujarab bagi seseorang yang terserang flu. Hisapannya dapat membantu menghentikan penetrasi dingin jauh ke dalam sistem," tambahnya seperti dikutip dailymail.co.uk. (Aya/A-147)***
 
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar