Selasa, 30 September 2008

Pantau Hilal dari Situs Web


Wicak Hidayat - detikinet

Screenshot Bosscha.itb.ac.id


 
Jakarta - Hilal, penanda pergantian bulan dalam kalender Hijriah, bisa dipantau oleh masyarakat luas dari rumah masing-masing. Cukup akses situs tertentu, hilal pun bisa dipantau live dari rumah.

Demikian menurut siaran pers PT Telkom yang diterima detikINET, Selasa (30/9/2008). Telkom dan Telkomsel memberikan layanan tayangan langsung penampakan hilal dari sejumlah titik pada 29 dan 30 September 2008. 

Titik pemantauan dilakukan pada tujuh lokasi, yaitu Pantai Kupang, GTC Tanjung Bunga (Makassar), Bukit Condrodipo (Gresik), Pantai Tanjung Kodok (Lamongan), Masjid Agung Semarang, Observatorium Bosscha ITB Bandung dan Pantai Lhok Nga, Nangroe Aceh Darussalam. 

Teguh Budi Karyono, Senior Account Manager Divisi Enterprise PT Telkom, mengatakan Telkom mendukung penuh jaringan yang dibutuhkan. Telkom menyediakan layanan Astinet 512 kbps untuk menghubungkan teropong digital di titik pemantauan dengan server internet. Sedangkan dua titik di Lhok Nga dan Pantai Kupang menggunakan layanan 3G Telkomsel. 

Teguh mengatakan ada empat situs yang memiliki tautan ke pengamatan hilal secara langsung. Keempat situs itu yakni ITB.ac.id, Plasa.com dan Depkominfo.go.id serta Bosscha.itb.ac.id/hilal. 

Meski demikian halaman pemantauan hilal yang sesungguhnya bisa disaksikan di situs Bosscha.itb.ac.id. Untuk bisa menyaksikannya secara langsung, pengguna internet harus mengunduh Real Player atau plug-in Real Player pada piranti lunak browsernya. 
( wsh / wsh )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar