Sabtu, 06 September 2008

Merah Putih di Chicago, Obama Sampaikan Selamat HUT RI


CHICAGO, IL - - Pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati kemerdekaan Indonesia yang ke-63 diselenggarakan pada tanggal 25 Agustus 2007 di lapangan Richard J. Daley Plaza yang berlokasi tepat di jantung kota Chicago berhubung tanggal 17 Agustus adalah hari libur. Pengibaran Bendera Sang Saka Merah Putih yang dinaikkan berdampingan dengan Bendera Amerika Serikat dan Bendera Kota Chicago disertai dengan pagelaran seni gamelan dan tarian tradisional.

Momen tersebut merupakan kebanggaan dengan diselenggarakan di kota Chicago diprakarsai oleh Indonesian American Community of lllinois (IACI), NFP bekerjasama dengan Walikota Chicago Richard M. Daley dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Chicago sehingga generasi penerus dapat tetap mengenang Ibu Pertiwi beserta segala kekayaan warisan budayanya. Dalam perayaan kemerdekaan Republik Indonesia tersebut dimulai jam 12:00 siang dan juga diselenggarakan pertunjukan budaya tradisional Indonesia. Perayaan kemerdekaan Republik Indonesia ini berlangsung sekitar 1(satu) jam di depan Balai Kota Chicago. Pada saat yang bersamaan Ketua IACI, Roosy Miller sedang berada di Paris, sehingga diwakili oleh Martino Tangkar, Arie Quick mengkoordinir perayaan kemerdekaan Indonesia yang ke 63 di Chicago’s Daley Plaza.
 
Wakil Ketua IACI, Martino Tangkar selaku program coordinator membuka perayaan pengibaran bendera Indonesia tersebut. Presenter Jan Jeffcoat dari FOX TV Chicago dan Aktor Marc Rita selaku emcee secara khusus membawakan acara perayaan kemerdekaan Indonesia dalam berita TV setempat. Good day Chicago! Lagu kebangsaan Amerika Serikat “The Star-Spangled Banner” dinyanyikan capella oleh mahasiswi Shara Vanesha Carrenya Malinton.
 
Penyerahan Sang Saka Merah Putih dilakukan oleh Hidayat Karta Hadimadja, Konsul Jenderal Republik Indonesia di Chicago, IL; didamping Martino Tangkar, Handojo Kusumo, dan Nyoman Mahartayasa. Bendera Sang Saka Merah Putih diterima oleh Rizky Irawan (Ketua Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat/PERMIAS-Chicago). Dengan komandan Paskibra Kismet Sabbath Argopradipto diikuti oleh barisan Paskibra: Abram Henk Mamahit, Heynel Axelevi Malinton, Dara Kusumo, Jonathan Amdanu Sutjiadi, Tiara Rahmadia Mary Quick, Golda Rubina, Evan Kusumo dan Abie K. Prabowo-Mandayo. Pasukan Paskibra memandu Sang Saka Merah Putih berukuran 4x6 meter dikibarkan tepat didepan Balai Kota Chicago di dekat patung karya maestro Picasso. Lagu kebangsaan Republik Indonesia “Indonesia Raya” dikumandangkan koor bersama sama oleh Konjen Hidayat Hadimadja, Martino Tangkar beserta para tokoh masyarakat di Chicago dengan konduktor Katrina Tulas.
 
Menteri Pariwisata RI, Jero Wacik mengirimkan sambutan perihal Visit Indonesia Year 2008 untuk berbagi semangat dalam membuat Indonesia lebih dikenal dan juga sebagai tujuan wisata dunia. Sementara Konjen RI di Chicago Hidayat Karta Hadimadja dalam sambutan menyatakan perlunya partisipasi aktif sebagai forum untuk meningkatkan pemahaman bersama terhadap Indonesia, sebagai salah satu negara demokratis terbesar di dunia; serta kemajuan yang telah dicapai Indonesia, terutama di bidang politik, demokrasi, dan ekonomi. Hadir pula dalam acara ini dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Chicago: Konsul Konsuler Stephanus Suwaryanto, Konsul Ekonomi Agus Buana, Konsul Muda Ekonomi Ernawati, Konsul Muda Konsuler Tony Wibawa, Bendaharawan Tati Sumiati, serta Konsul Penerangan Sosial Budaya Sylvia Shirley Malinton yang berperan aktif membantu pelaksanaan acara. Sedangkan dari Dharma Wanita Persatuan hadir pula; Anisa Hadimadja, Patricia Pamungkasih, dan Yulianti Buana.
 
Perwakilan Walikota Chicago Richard M. Daley menyerahkan Proklamasi dari Gubernur Negara Bagian Illinois Rod Blagojevich dan menyampaikan bahwa tanggal 17 Agustus merupakan hari kemerdekaan Indonesia yang dirayakan di negara bagian Illinois; Perwakilan dari Cook County Treasurer Maria Pappas dan Clerk of Circuit Court Dorothy Brown memberikan kata sambutan. Demikian pula Senator Barack Obama yang sedang berada di Denver dalam rangka Democratic National Convention menyampaikan ucapan selamat yang dibacakan oleh Nyoman Mahartayasa dan Handojo Kusumo. Berbagai ucapan selamat juga dikirimkan oleh Illinois Secretary of State Jesse White dan Illinois State Treasurer Alexi Giannoulias. Hadir pula diantara tamu kehormatan Konsul Jenderal Philippine Blesila Cabrera dan Konsul Jenderal Thailand Narong Sasitorn. Berbagai sahabat dari Asian American Coalition of Chicago dan Asian American Festival juga ikut meramaikan acara tersebut. Dewan Indonesian American Community of Illinois, NFP beranggotakan tokoh masyarakat: Roosy Miller, Martino Tangkar, Dr. Imat Amidjaja, Dr. Handojo Kusumo, Nyoman Mahartayasa, Astrid Haryati, Trisila Davidge, Luciana Kusumo, Imelda Kiagoes, dan Arie Quick.
 
Upacara pengibaran bendera RI di Daley Plaza yang diliput oleh sejumlah media AS ternama termasuk FOX News Chicago, NBC5, ABC7, Chicago Tribune, Readers, Comcast Asian Chronicle TV, SunCast TV dan masih banyak lagi, diwarnai dengan pertunjukan gamelan dan tarian tradisional Cendrawasih, dan Lenggang Patah Sembilan oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Chicago dengan koreographer Ngurah Kertayuda.
 
Suasana yang sejuk serta rangkaian pengibaran bendera dan pagelaran kebudayaan dinikmati oleh para hadirin. Pekik “MERDEKA” juga dikumandangkan oleh berbagai perwakilan setempat dan para hadirin. Bahasa menjembatani bangsa, Merdeka negeriku, Merdeka bangsaku! Selamat Merayakan kemerdekaan Indonesia ke-63!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar