Selasa, 23 September 2008

Andrea Hirata


Masa Kecil dalam Film 

Kompas Images 


Selasa, 23 September 2008 | 03:00 WIB 

Andrea Hirata, penulis buku Laskar Pelangi, sedang berbahagia. Film tentang masa kecilnya yang diadaptasi dari buku Laskar Pelangi telah rampung digarap sutradara Riri Riza. Film ini akan tayang di bioskop mulai 25 September nanti.

”Rasanya luar biasa karena tidak semua orang masa kecilnya bisa menjadi sebuah film,” katanya di Jakarta, Senin (22/9), seusai menyaksikan film berdurasi 120 menit itu.

”Hari ini saya baru melihat filmnya utuh, betul-betul bagus. Saya senang dengan adaptasi karya Mira (produser) dan Riri ini. Ada tokoh Bakrie yang tak ada dalam buku. Mira dan Riri menemukan karakter-karakter baru setelah kami ngobrol,” katanya.

Sebelumnya, ada beberapa produser yang menawar karya dia untuk difilmkan, bahkan sampai miliaran rupiah. ”Tetapi, saya memilih Mira dan Riri karena mereka tahu banget bagaimana membaca Laskar Pelangi. Anak-anak itu bagian dari mismanagement pengelolaan tanah ulayat,” kata pria yang lebih suka memarodikan tragedi dan mengkritik tanpa memaki ini.

Laskar Pelangi merupakan momentum bagi warga Belitong. ”Warga kampung saya terbius. Banyak orangtua tak percaya anaknya menjadi bintang film, menjadi figuran. Para bintang terkenal datang ke kampung saya, Kampung Gantong,” kata Andrea yang buku keduanya, Sang Pemimpi, rencananya juga difilmkan. (LOK)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar