Senin, 26 Mei 2008

Kirim E-mail tanpa Server SMTP




Senin, 26 Mei 2008 | 10:42 WIB

Layanan e-mail berbasis POP dan SMTP server saat ini semakin sulit untuk didapatkan secara gratis. Padahal layanan tersebut akan sangat efisien jika digunakan untuk membaca dan menulis e-mail secara offline. Namun, sayangnya layanan seperti ini tidak terlalu banyak.

Yahoo.com yang dulu memberikan akses SMTP gratis kini mulai menarik bayaran dari penggunaan server SMTP-nya untuk mengirim e-mail. Pelanggan hanya diperbolehkan mengirim e-mail gratis melalui Web.

Kalaupun Anda mendapatkan akses SMTP secara gratis dari ISP atau kantor, saat tidak ada di kantor, Anda hanya dapat menggunakan POP-nya saja untuk menerima e-mail. Server SMTP untuk mengirim e-mail tidak dapat digunakan. Jika keadaannya demikian, biasanya Anda terpaksa menggunakan e-mail berbasis Web untuk mengirim atau membalas e-mail yang masuk.

Sebetulnya, bila Anda tidak memiliki akses ke server SMTP, Anda bisa membuat server SMTP sendiri. Caranya cukup mudah. Install saja software Local SMTP Relay Server di komputer Anda, kemudian jadikan software tersebut sebagai server SMTP pada aplikasi klien e-mail Anda. Apabila Anda belum memiliki software SMTP ini, silakan download di http://www.getfreefile.com/download/localsrv.zip.

Di sini PCplus anggap Anda menggunakan aplikasi klien e-mail Microsoft Outlook 2007. Apabila Anda menggunakan program lain sebagai aplikasi klien e-mail, Anda dapat menyesuaikannya dengan menu aplikasi yang Anda gunakan.


1. Jalankan program Local SMTP Relay Server dengan mengklik [Start] > [All Programs] > [Local SMTP Relay Server] > [Local SMTP Relay Server].

2. Tentukan port SMTP yang ingin Anda gunakan. Untuk menggunakan port standar (port 25), pilih [Standard SMTP Port]. Apabila Anda ingin menentukan port yang berbeda, pilih opsi [Use Specific Port] dan isikan port yang Anda inginkan. Agar perubahan dapat segera diaplikasikan, klik tombol [Apply].

3. Klik [Start] > [All Programs] > [Microsoft Office] > [Microsoft Office Outlook 2007].

4. Klik [Tools] > [Account Settings...] pada program Microsoft Outlook.

5. Pilih akun yang SMTP-nya ingin Anda ubah, kemudian klik [Change...].

6. Pada bagian Outgoing mail server (SMTP), isikan dengan “localhost” atau “127.0.0.1”.

7. Sekarang, klik tombol [More settings...] kemudian masuklah ke tab [Advanced].

8. Perhatikan pada Server Port Numbers milik Outgoing server (SMTP). Pastikan port yang digunakan sama dengan setting yang telah ditentukan pada program Local SMTP Relay Server.

9. Ubah Server Timeouts yang sebelumnya berada pada posisi 1 minute menjadi 10 minutes.

10. Klik [OK], lalu [Next].


Jika Anda punya akun e-mail lain yang hendak digunakan, ulangi lagi langkah 5 sampai 10. Untuk menutup wizard Change E-mail Accounts klik tombol [Finish].

(sumber: PCplus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar