Sabtu, 24 Mei 2008

Bantuan RI Untuk Korban Gempa Sichuan Telah Tiba


GETTY IMAGES/PAULA BRONSTEIN
Seorang ibu mendekap foto anaknya yang hilang.


Laporan wartawan Kompas Anastasia Joice dari Chengdu

Sabtu, 24 Mei 2008 | 09:23 WIB
CHENGDU, SABTU- Bantuan pemerintah Republik Indonesia untuk korban gempa di Sichuan, China, telah tiba. Pesawat Hercules TNI AU yang membawa bantuan tersebut tiba di Bandara Chengdu pada Sabtu (24/5) pukul 10.00 waktu setempat. Bantuan itu antara lain berupa tenda, makanan, susu bayi, dan obat-obatan.

Saat ini, bantuan tengah diturunkan dari pesawat dengan batuan staf KBRI, sementara personil dan wartawan yang ikut tengah menunggu di lobi Bandara Chengdu untuk mendapatkan visa kedatangan (visa on arrival). Selanjutnya, bantuan itu telah diserahkan oleh Dubes RI unuk China Sudradjat kepada wakil pemerintah China, Deputi Urusan Luar Negeri Provinsi Sichuan, Huang Youming.

Sebelum memasuki China, pesawat Hercules TNI AU sempat transit di Hanoi beberapa jam. Bantuan lainnya yang melalui pesawat kargo komersial telah tiba pada Jumat malam.

joe
Sent from my BlackBerry © Wireless device from XL GPRS/EDGE/3G Network



RI Segera Kirim 120 Perawat ke China


Laporan wartawan Kompas Anastasi Joice dari Chengdu

Sabtu, 24 Mei 2008 | 11:20 WIB
CHENGDU, SABTU- Lima juta penduduk Provinsi Sichuan, China, kehilangan tempat tinggal menyusul gempa yang terjadi beberapa hari lalu. Mereka banyak yang tinggal di tenda sambil menunggu bantuan.

Untuk menolong mereka, Sabtu (24/5) pagi ini, bantuan RI Senilai 40,5 juta dollar AS telah mendarat di Bandara Chengdu. Bantuan ini langsung diserahkan ke perwakilan pemerintah China. Dubes RI Sudradjat mengatakan, saat ini bantuan tenda sangat diperlukan. "Di China produksi tenda tengah dikebut," katanya.

Ia juga mengatakan, dalam waktu dekat selain bantuan barang, pemerintah Indonesia akan mengirim paramedis sebanyak 20 orang. Sebenarnya pemerintah telah menyiapkan lebih dari 120 tenaga paramedis tetapi setelah berkoordinasi dengan pemerintah China, mereka hanya membutuhkan 20 tenaga saja.


Anastasia Joice
Sent from my BlackBerry © Wireless device from XL GPRS/EDGE/3G Network



Rombongan RI Menuju Hongkong

Sabtu, 24 Mei 2008 | 11:43 WIB
CHENGDU, SABTU - Setelah menurunkan bantuan di Bandara Chengdu, pesawat Hercules TNI AU yang membawa bantuan pemerintah RI dikabarkan terbang menuju ke Hongkong. Belum diperoleh kabar alasan penerbangan menuju ke kota itu.

Rombongan wartawan Indonesia beserta kru pembawa bantuan, Sabtu (24/5), pagi berada di Bandara Chengdu, China, harus menunggu untuk mendapatkan visa kedatangan. Saat ini pesawat sedang dalam perjalanan ke Hongkong sekitar 3,5 jam.

joe
Sumber : Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar