Jumat, 23 Mei 2008

Kenaikan Harga BBM Diumumkan Jumat Malam?


KOMPAS/RIZA FATHONI
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan keterangan kepada wartawan mengenai rencana kebijakan pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi dan dampaknya bagi APBN di Gedung Departemen Keuangan, Jakarta, Rabu (21/5).



Kamis, 22 Mei 2008 | 14:23 WIB

JAKARTA, KAMIS-Belajar dari pengalaman kesuksesan pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak bersubsidi lebih dari 100 persen pada Oktober 2005, kenaikan BBM bersubsidi yang sedang disiapkan akan diumumkan dan mulai diberlakukan pada hari libur.

Tahun 2005, pengumuman kenaikan harga BBM bersubsidi disampaikan tengah malam menjelang pergantian hari Jumat menjadi Sabtu. Dengan memilih hari libur, pemerintah berharap penolakan dalam bentuk unjuk rasa dan aksi lain menjadi minimal.Tahun 2005, pengumuman itu disampaikan pada saat awal puasa Ramadhan.

Soal pilihan hari libur dan bertepatan dengan puasa itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla pernah berujar bahwa itu merupakan bagian dari strategi. Mengenai apakah kenaikan harga BBM bersubsidi saat ini akan diumumkan dengan strategi hari libur seperti tahun 2005, Wapres hanya tersenyum. Wapres mengemukakan, kenaikan harga BBM akan diumumkan akhir Mei setelah BLT siap.

Saat ini, di Kantor Presiden sedang dibahas dalam rapat kabinet tentang persiapan pemberian BLT sebagai kompensasi bagi rakyat miskin. Finalisasi pemberian BLT akan dilakukan, Jumat (23/5). Menko Kesra Aburizal Bakrie yang menjadi "komandan" pemberian BLT mengatakan, kenaikan harga BBM akan diumumkan setelah Presiden puas dengan persiapan pemberian BLT yang akan dipresentasikan, Jumat besok

Apakah kenaikan harga BBM akan diumumkan Jumat malam besok dan berlaku mulai Sabtu lusa? Kita tunggu saja karena sejumlah pejabat terkait dengan BBM membatalkan rencana kegiatannya ke luar kota Jumat dan Sabtu besok.(INU)

Wisnu Nugroho A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar