Sabtu, 24 Mei 2008

Curi Waktu Tingkatkan Potensi




Sabtu, 24 Mei 2008 | 09:40 WIB
Rutinitas kerja membuat Anda merasa tak punya waktu meningkatkan potensi diri? Wah, jangan pesimis dulu. Banyak lho, hal yang bisa Anda lakukan. Bahkan tanpa perlu meninggalkan meja kerja.

Optimalkan Fitur
Dari sekian banyak program yang tersedia di komputer Anda, coba ingat, mana saja yang Anda optimalkan penggunaannya? Katakanlah Word atau Excel. Banyak yang hanya puas menguasai fitur standarnya. Padahal banyak fitur yang bisa memudahkan pekerjaan Anda.

Anda juga bisa mempelajari program baru. Misalnya, program untuk membuat presentasi, organizing database, bahkan mempelajari program yang tak ada kaitannya dengan pekerjaan. Misalnya mempelajari program editing foto, film, atau apa pun yang Anda suka.

Bahasa Asing
Menggunakan fasilitas seperti YM atau meebo mungkin kerap Anda lakukan. Tapi jangan berhenti di 'ngobrol' saja. Anda bisa memanfaatkannya untuk mempelajari bahasa asing. Misalnya, cari teman dari negara lain, pelajari bahasanya dan sering-seringlah berkomunikasi agar kemampuan bahasa Anda ter-upgrade.

Selain chatting, Anda bisa belajar bahasa melalui kursus online. Misal, di situs free seperti http://increasevocabulary.net atau melatih grammar Inggris Anda di http://netgrammar.altec.org.

Mempercantik Blog
Kalau biasanya Anda hanya memanfaatkan blog sebagai tempat curhat, kini waktunya untuk mengoptimalkannya. Anda bisa berbagi informasi dan pengalaman yang tak hanya berguna bagi Anda tapi juga bagi orang lain. Misalnya, berdiskusi mengenai hal-hal seputar dunia kerja Anda atau hal menarik lainnya.

Gabung di Milis
Sekarang ini ada ratusan milis dari berbagai organisasi, dari yang membahas soal politik sampai hobi belanja perempuan. Dengan menjadi anggota dari satu atau dua milis, tentu akan banyak informasi yang bisa Anda dapatkan. Untuk update hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan, bergabunglah dengan milis profesi.

Update Berita
Saat ini, hampir semua stasiun teve mempunyai website. Bagi Anda yang tak sempat membaca koran, bisa curi sedikit waktu untuk membuka situs berita terkini, seperti website Kompas ini atau http://liputan6.com.

Kuliah Lewat Internet
Tak sempat kuliah di kelas? Ikuti saja kuliah online. Dari luar negeri hingga lokal bisa. Misal, The University of California, Bekerley, menyelenggarakan kuliah gratis melalui You Tube, www.youtube.com/ucberkeley. Untuk kuliah gratis Hukum Tata Negara bisa bergabung dengan kuliah yang diadakan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Prof.Dr.Jimly Asshiddiqie, SH di http://jimly.com. Dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar