Senin, 26 Mei 2008

Target Capello: Final Piala Dunia

Arya Perdhana - detiksport
Senin, 26/05/2008 05:06 WIB


AFP/Adrian Dennis

London - Sudah lama sekali sejak terakhir Inggris berprestasi di arena internasional. Kini datanglah Fabio Capello, yang langsung memancang target untuk lolos ke final Piala Dunia 2010!

Untuk pertama kali dan satu-satunya, Inggris mencatat prestasi besar pada tahun 1966. Di bawah asuhan manajer Sir Alf Ramsey, The Three Lions sukses menjadi juara dunia di hadapan publik sendiri.

Setelahnya, Inggris menjumpai kegagalan demi kegagalan. Hanya pada tahun 1990, St George's Cross nyaris mengulangi pencapaian akbar itu. Diasuh Sir Bobby Robson, Inggris maju ke semifinal Piala Dunia namun disingkirkan oleh Jerman Barat.

Kerinduan rakyat Inggris dengan tim nasionalnya yang penuh kejayaan coba diobati oleh Capello. Pelatih Italia yang ditunjuk menangani Inggris pasca kegagalan lolos ke Euro 2008 ini menargetkan timnya bisa melewati pencapaian tim Robson.

"Saya pikir saya bisa membawa Inggris lebih jauh daripada Bobby Robson tahun 1990. Kenapa tidak? Kita perlu jadi ambisius," ucap Capello seperti dilansir Reuters, Senin (26/5/2008).

Melewati pencapaian tim Robson, berarti Capello siap menghela Wayne Rooney dkk hingga ke final Piala Dunia. Apa tidak berlebihan, Don Capello?

"Saya selalu bekerja untuk mencapai puncak. Saya sudah bersama Roma, Juventus, Milan dan Real Madrid dan saya selalu ingin mencapai puncak. Saya tidak mengerti bila ada yang merasa sebaliknya," tangkis pria berumur 61 tahun itu.

Capello sudah bekerja meracik Inggris selama lebih kurang empat bulan. Dua pertandingan persahabatan dilakoni di bawah kendali Capello. Hasilnya, satu kemenangan melawan Swiss dan dikalahkan oleh Prancis.

Sebelum menghadapi partai kualifikasi Piala Dunia pertamanya, Capello masih harus membawa Inggris di tiga laga ujicoba. Melawan Amerika Serikat serta Trinidad & Tobago pekan depan, juga bersua Republik Ceko di bulan Agustus.

"Kami punya materi yang bagus dan sangat kompetitif menghadapi lawan manapun. Anda hanya harus mengubah mentalitas tim ini. Saya percaya kami bisa melakukannya, tapi para pemain juga harus yakin. September nanti, kita akan mendapat gambaran penuhnya," tandas Capello.

( arp / roz )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar