Jumat, 30 Mei 2008

Penjualan Formulir SNMPTN Dipersingkat

BANDUNG, (PR).-
Waktu pembelian formulir Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dipersingkat hanya empat hari yakni 16 Juni hingga 20 Juni. Semula, pembelian formulir dijadwalkan selama lebih dari satu minggu yakni pada 16 Juni sampai 27 Juni.

Humas SNMPTN Panitia Lokal Bandung, Weny Widyowati menyatakan tidak tahu secara persis penyebab pengurangan waktu pembelian formulir. Dia menduga hal ini ada kaitannya dengan pengumuman hasil kelulusan siswa SMA/SMK yang akan dilakukan pada 10 Juni mendatang.

"Bisa jadi karena adanya kesalahan administrasi. Atau bisa juga karena pelaksanaan tes SNMPTN yang sudah pasti dan waktunya juga mepet yakni 2-3 Juli, sehingga panitia memutuskan untuk mempersingkat waktu penjualan formulir," kata Weni yang ditemui di ruang kerjanya, Kamis (29/5).

Terlebih, menurut Weni, sebelumnya sempat terjadi kesimpangsiuran mengenai ada tidaknya SNMPTN. Ketika keputusan sudah ada dan dinyatakan final, panitia menjadwalkan segala sesuatu sesingkat mungkin.

"Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang menggabungkan waktu pembelian dan pengembalian, kali ini calon mahasiswa tidak dapat membeli dan mengembalikan formulir pada waktu yang bersamaan, sebab masing-masing memiliki jadwal terpisah. Untuk pengembalian dilakukan pada 23 Juni-28 Juni, kecuali untuk lulusan 2006/2007 di mana pengembalian dilakukan pada 20-21 Juni," tuturnya.

Weni mengakui jika singkatnya waktu pembelian formulir ini bisa berakibat pada turunnya jumlah pendaftar SNMPTN. Terlebih panitia menyediakan formulir dengan jumlah lebih banyak dari tahun sebelumnya yakni 30.000 formulir dari sebelumnya 28.000.

"Tapi kami juga belum bisa memprediksi apakah akan terjadi penurunan pendaftar atau tidak, tapi yang jelas jalur SNMPTN ini masih menjadi pilihan calon mahasiswa di tengah tingginya biaya pendidikan tinggi," katanya.

Selain itu, kata Weni panlok Bandung juga akan melakukan roadshow ke sejumlah daerah menjelang pelaksanaan SNMPTN. Roadshow ini untuk memberikan informasi kepada masyarakat terutama yang belum mengetahui secara pasti informasi pelaksanaan SNMPTN. "Rencananya akan dilakukan di daerah Tasikmalaya, Garut, dan Ciamis dalam minggu ini," ujarnya.

Seperti tahun sebelumnya, harga formulir yang dijual untuk kelompok IPA/IPS Rp 150.000, sementara harga formulir untuk kelompok IPC Rp 175.000.

Pelaksanaan tes akan dilakukan pada 2-3 Juli mendatang serentak di seluruh Indonesia. Sementara pengumuman kelulusan dilaksanakan 1 Agustus mendatang melalui website www.snmptn.or.id dan media cetak. (A-157)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar