Kamis, 29 Mei 2008

Ungkap Busuknya Bush


GETTY IMAGES/CHIP SOMODIVILLA
Scott McClellan



Kamis, 29 Mei 2008 | 08:02 WIB

WASHINGTON, KAMIS - Selama ini Presiden Amerika Serikat George W Bush tidak ”terbuka, jujur, dan terus terang tentang Irak” dan selalu mengumbar ”propaganda” untuk menjual perang yang tidak perlu terjadi.

Hal itu diungkapkan Scott McClellan, mantan juru bicara di Gedung Putih, Selasa (27/5), dalam buku barunya yang berjudul What Happened: Inside the Bush White House and Washington’s Culture of Deception.

Di dalam harian The Washington Post juga dipaparkan bahwa McClellan (40) yang pernah amat kuat membela kepentingan Bush dan kebijakan AS itu juga menulis perang Irak sebenarnya ”tak perlu” terjadi dan benar-benar menjadi ”kesalahan strategis yang sangat serius”.

”Sebenarnya saya suka dan menghormati Bush. Namun, Bush dan tim penasihatnya sudah mencampuradukkan kampanye propaganda dengan kejujuran yang dibutuhkan demi meraih dukungan rakyat,” tulis McClellan dalam bukunya yang akan diterbitkan pekan depan itu.

”Penangkis” dan ”penyulap”

McClellan yang pernah berada di Gedung Putih dari tahun 2003 sampai 2006 itu juga menganggap Menteri Luar Negeri AS Condoleezza Rice tangkas dalam menangkis tudingan. Wakil Presiden Dick Cheney dianggap McClellan sebagai ”penyulap” yang mengendalikan berbagai kebijakan AS dari balik layar tanpa meninggalkan jejak sedikit pun.

Sementara di dalam harian The New York Times juga dipaparkan isi buku McClellan tentang peran Rice yang pernah menjadi salah seorang penasihat keamanan nasional Bush 2001-2005. ”Apa pun kesalahan yang terjadi, tidak tahu bagaimana, Rice selalu saja dapat menghindar dan seakan tidak terlibat. Rice tahu betul cara menghindari persoalan dan tetap muncul seperti layaknya seorang bintang,” tulis McClellan yang baru saja menyadari bahwa selama ini ia merasa ”tertipu”.


luk
Sumber : Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar