Sabtu, 07 Juni 2008

Pencuri Diadukan oleh Barang Curiannya


ENGADGET
Kartu memori berfitur Wi-Fi dari Eye-Fi ini bisa digunakan pada sebarang kamera digital. Sayang di Indonesia belum dijual.




Fasilitas dan jaringan Wi-Fi telah menyebabkan seorang pencuri kamera digital tertangkap.

JAKARTA, JUMAT – Inilah peringatan buat para tangan panjang agar tidak mencuri lagi. Di Florida, AS, seorang pencopet yang mengambil peralatan kamera seorang turis ketahuan gara-gara barang curiannya itu ‘mengadukannya’. Kok bisa?

Bisa karena foto dari si tangan panjang itu ter-upload ke komputer sang pemilik kamera secara otomatis. Pasalnya si pemilik kamera menggunakan kartu memori Wi-Fi.

Kartu memori berfitur Wi-Fi yang diproduksi Eye-Fi memang mengandung transmitter Wi-Fi. Jadi pemiliknya bisa saja mengatur agar hasil bidikan otomatis di-upload ke situs sharing foto, atau ke komputer miliknya setiap kali kamera diaktifkan di sekitar jaringan nirkabel yang sudah ditentukan. Dan itulah yang terjadi pada si tangan panjang tersebut.

Ketika tiba di rumah, pemilik asli kamera digital melihat bahwa semua hasil bidikan yang diambilnya tepat sebelum kameranya lenyap telah di-upload. Setelah diteliti, ia bahkan menemukan sebuah foto yang jelas dari teman si tangan panjang (yang rupanya memfoto dirinya sendiri) yang sedang memegang kamera curian kedua si pemilik. Maka identitas si tangan panjang pun diketahui, dan dilaporkan ke polisi yang kemudian menangkap si maling. Barang curian pun akhirnya dikembalikan ke sang pemilik.

Nah, inilah bukti nyata manfaat teknologi dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar