Kamis, 12 Juni 2008

Pesawat Pembom Berdatangan di Kaltim


Tribun Kaltim/Wikan Hendraman
Pesawat Tempur F-5 Tiger milik TNI AU saat mendarat di Bandara Sepinggan, Balikpapan.



BALIKPAPAN - Enam pesawat tempur F-5 Tiger akan mengepung dan akan membombardir Sangatta dalam rangkaian akhir Latihan Gabungan (Latgab) TNI 2008 pada 17 Juni mendatang. Pesawat-pesawat tersebut telah mendarat di Bandara Sepinggan, Rabu (11/6). F- 5 Tiger yang dilibatkan dalam Operasi Yudha Siaga TNI 2008, tiba di Balikpapan secara bertahap.

Tiga unit pesawat pertama mendarat sekitar pukul 14.00, dan langsung parkir di apron base operasi Lanud Angkatan Udara (AU), yang berada di ujung landasan pacu Bandara Sepinggan. Satu jam kemudian, tiba lagi tiga F-5 yang diterbangkan dari Skadron 14 Iswahyudi Madiun.

Sebelum mendarat di Sepinggan, pesawat yang dilengkapi dengan sidewinder dan berbagai jenis rudal serta amunisi tersebut melakukan penghormatan, dengan bermanuver di langit Balikpapan. Jet-jet tempur ini membentuk formasi di udara dan terbang rendah di atas run way bandara.

Satuan skuadron tempur ini dikomandani Mayor Penerbang (Pnb) Roni Moningka, dan didukung 13 pilot. Sesaat setelah mendarat para pilot langsung disambut Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoops) AU II Makassar, Marsekal Muda TNI Yushan Sayuti, didampingi Komandan Lapangan Udara (Danlanud) Balikpapan, Letkol Pnb Agus Pandu Purnama.

"Tugas utama yang akan dilakukan pesawat-pesawat ini adalah sebagai penyusup dan pengebom. Bahkan di Bandara Sepinggan Balikpapan juga telah hadir helikopter puma, cassa dan rencananya akan datang Hawk," kata Yushan, yang dalam Latgab ini menjabat Panglima Komando Tugas Udara (Pangkogasud), yang bermarkas di Base Ops Lanud Balikpapan.

Roni mengatakan, penerbangan dari Madiun ke Balikpapan ditempuh satu jam dengan ketinggian 12 ribu kaki. Pada saat Latgab nanti, pesawatnya akan terlibat dalam operasi lintas udara, pertempuran di darat dan laut.

Sebelum F-5 tiba, satu unit pesawat angkut Hercules yang membawa kru dan perbekalan logistik pesawat tempur mendarat di Balikpapan. Dalam satu hari, jumlah pesawat yang tiba di Balikpapan 10 unit terdiri dari enam F-5 Tiger, dan empat lainnya pesawat angkut Hercules yang diterbangkan dari Lanud Iswahyudi.

Kemarin, aktivitas di base operasi Lanud Balikpapan semakin meningkat. Rabu (11/6) sekitar pukul 02.00 Wita, Yushan Sayuti dan beberapa jajarannya mengadakan video conference dengan beberapa titik pos komando taktis (poskotis) Latgab, yang tersebar di seluruh Indonesia.

Komunikasi tengah malam ini terkait penerjunan Pasukan Intai Para Amphibi (Ipam) ke Batam, sebelum fajar tiba. Para penerjun lintas udara ini bertolak dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, dan ditayangkan secara langsung kamera yang terhubung melalui video conference.

Nampak dalam layar lebar beberapa titik poskotis seperti bandara Halim Perdanakusuma, Mabes TNI, Poskotis Pangkal Pinang, Batam, Singkawang, Malang, Sangatta, dan beberapa titik lainnya. Selain di Sangatta Kaltim, latihan besar-besaran yang sudah 12 tahun vakum ini juga diselenggarakan di Kepulauan Natuna, Batam, Singkawang, dan berakhir di Sangatta.(joi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar