Jumat, 13 Juni 2008

Opera 9.5 , Lebih Cepat, Lebih Pintar

JAKARTA, JUMAT – Pengguna Opera memang tidak sebanyak IE milik Microsoft. Juga masih kalah dibandingkan Firefox. Namun dalam urusan kecepatan rilis versi baru, Opera unggul kali ini.


OPERA.COM


Nah sambil menunggu sampai 17 Juni saat Firefox 3 resmi meluncur, atau Agustus untuk IE8 (jika tidak meleset), mari kita tengok apa saja yang diperbarui pada browser Internet Opera versi 9.5 (nama kode Kestrel)ini. Berikut poin-poinnya.

- Opera Link: Bookmark, Speed Dial dan notes sekarang bisa disinkronisasikan pada PC-PC dan platform yang berbeda via Internet. Ini juga berlaku untuk browser gratis Opera Mini dan Opera Mobile untuk ponsel. Link dari browser selain Opera pun bisa diperoleh. Jadi kalau Anda log in ke Opera Link di Internet Explorer, Anda tetap dapat mengakses semua bookmark dan halaman Speed Dial berbasis Web.

- Quick Find: Mencari sesuatu dari history tidak lagi sulit. Ada gaya pencarian desktop di sini, jadi kita bisa menggali dalam-dalam ke halaman-halaman untuk mengambil hasil berdasarkan judul maupun isi di badan tulisan.

- Penampilan: Desainnya kini cakep. Ada skins khas untuk setiap platform.

- Sekuriti: Proteksi terhadap penipu (fraud) dari malware dan situs-situs dan software jahat di Web telah ditingkatkan.

- Kinerja: Menurut Opera, e-mail client, RSS feeds dan browser itu sendiri kini beroperasi lebih cepat. Ya, Opera memang bukan sekadar browser, tetapi memadukan e-mail client, IRC chat client, news group reader dan RSS reader. Aplikasi-aplikasi ini diakses melalui panel samping, dan ketika sebuah pesan baru datang, sebuah jendela kecil akan muncul di sisi kanan bawah layar Anda. Yang unik, Opera bisa bertindak sebagai BitTorrent client – hal yang tidak ditawarkan browser lain.

Selain itu hal-hal lama yang menyenangkan seperti tab restore, session saving dan search engine yang bisa dikustomisasi tetap dipertahankan. Tidak istimewa? Ya, berita terbaiknya adalah ini: harganya nol, alias gratis!

Wiwiek Juwono

Tidak ada komentar:

Posting Komentar