Jumat, 13 Juni 2008

Liburan Sekolah Bersama Nanas Raksasa


KOMPAS/ARBAIN RAMBEY
Anak-anak belajar menanam padi di Taman Bunga Mekarsari, Jonggol, Jawa Barat.



JAKARTA, JUMAT - Liburan sekolah bersama nanas raksasa? Tidak mustahil untuk masa liburan sekolah tahun ini. Bersama nanas raksasa, liburan sekolah menjadi liburan yang paling menarik dan berwawasan karena di Taman Wisata Mekarsari seluk-beluk tentang nanas akan dikupas habis.

Nanas raksasa setinggi 8 meter dan lebar 4 meter ini akan dibangun dari 2008 buah nanas yang dikumpulkan dari seluruh nusantara di festival point di Taman Wisata Mekarsari. Namun di sini, pengunjung tidak hanya dijamu dengan pemandangan nanas raksasa tapi juga dibekali dengan pengetahuan tentang nanas.

"Tidak banyak yang tahu tentang nanas, gunanya apa, menanamnya bagaimana. Kita mau kampanyekan amazing-nya nanas," ujar Marketing Manager Taman Wisata Mekarsari, Indra Dewi, di Jakarta, Jumat (13/6).

Di sekitar nanas raksasa ini juga akan dibangun Rumah Nanas yang terdiri dari tiga rumah. Di rumah pertama, pengunjung akan mendapatkan informasi mengenai identitas nanas, seperti termasuk keluarga apa dan tumbuh dimana. Di rumah kedua, pengunjung akan dibekali soal gizi yang dimiliki nanas dan bagaimana menanam nanas. Sedangkan rumah ketiga akan membukakan manfaat nanas.

"Kami harap mereka (pengunjung) akan tahu nanas dari hulu sampai hilirnya sehingga ketika pulang mereka bisa merasakan I love nanas, mau makan nanas dan tidak takut lagi," tambah Indra Dewi. Pada saat pulang, para pengunjung juga mendapatkan bibit nanas untuk ditanam di rumahnya masing-masing dan diharapkan berminat untuk membudidayakannya.

Dalam tiga tahun terakhir, Taman Wisata Mekarsari memang bekerja sama dengan Departemen Pertanian dalam mengkampanyekan buah khas Indonesia. Jika tahun-tahun sebelumnya Taman Buah Mekarsari mengusung buah pisang dan pepaya, untuk tahun ini mengusung buah nanas karena menurut pengamatan beberapa peneliti juga ternyata di Indonesia banyak lahan nanas yang telah hilang. Lahan nanas terbesar masih ada di Lampung yaitu sekitar 3.000-4.000 hektar.


_____________________________
TAMAN WISATA MEKARSARI
Jl. Raya Cileungsi - Jonggol Km.03, Kab. Bogor 16820.
Tlp.(021) 823 1822-24, Fax.(021) 8231825

Pelayanan Wisata dibuka dari hari Selasa - Minggu
Jam 08.00 WIB - 16.00 WIB

LIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar