Senin, 12 Mei 2008

Pemerintah dan 57 PTN Laksanakan Ujian Masuk 2-3 Juli

Senin, 12 Mei 2008 9:11:00
Surabaya-RoL-- Pemerintah dan para rektor dari 57 perguruan tinggi negeri (PTN) siap melaksanakan seleksi nasional mahasiswa (Senam ) PTN pada 2-3 Juli 2008 secara serentak di 36 rayon di seluruh tanah air .

"Senam PTN 2008 tidak berbeda dengan proses seleksi tahun-tahun sebelumnya. Kita mengadopsi tahapan yang dilaksanakan dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB)," kata Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas,Fasli Jalal, di Surabaya, Senin.

Fasli Jalal mengatakan, Senam PTN dilaksanakan sebagai wujud kebersamaan antar PTN dan lebih penting lagi seluruh calon mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengikuti seleksi tanpa harus menempuh perjalanan kelokasi PTN yang diminati.

"Prosedur mulai dari pendaftaran, pelaksanaan ujian hingga pemindaian hasil ujian masih mengadopsi SPMB, termasuk penetapan rayon di daerah yang selama ini digunakan untuk mempermudah calon mahasiswa,"katanya.

Fasli lebih lanjut mengatakan, Senam PTN tahun ini diikuti 56 PTN ditambah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya sehingga total menjadi 57 PTN.

Jadwal seleksi ujian masuk menggunakan jadwal terukur yakni proses pendaftaran dimulai 16 Juni-28 Juni di rayon masing-masing, sementara ujian masuk dilaksanakan pada tanggal 2-3 Juli dan pengumuman hasil ujian dilaksanakan pada 1 Agustus 2008.

Fasli mengatakan, soal-soal ujian masuk diambil dari bank soal SPMB sehingga kualitas soal sama seperti tahun-tahun sebelum untuk membantu calon mahasiswa mempersiapkan diri berlatih soal yang pernah diujikansebelumnya.

Pemerintah juga menyiapkan beasiswa senilai Rp10 miliar bagi 2000 calon mahasiswa baru yang lulus dalam seleksi penerimaan serta memenuhi sejumlah kriteria, diantaranya memiliki prestasi tingkat nasional danberasal dari keluarga tidak mampu. ant/
fif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar