Rabu, 14 Mei 2008

Pendaftaran SNMPTN 16 - 28 Juni 2008




JAKARTA, (PR).-

Jumlah perguruan tinggi negeri (PTN) yang bergabung dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2008 mencapai 57 PTN, tersebar di seluruh tanah air. Jadwal pendaftaran SNMPTN mulai 16 s.d. 28 Juni 2008, sedangkan pelaksanaan ujian pada 2-3 Juli 2008. Hasil seleksi akan diumumkan 1 Agustus 2008 melalui media massa cetak dan website (online).

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Depdiknas Fasli Jalal mengungkapkan, biaya pendaftaran peserta seleksi sama dengan tahun lalu, dan di-setorkan melalui Bank Mandiri.

"Untuk program IPS atau IPA masing-masing senilai Rp 150.000,00 dan untuk program gabungan IPS/IPA atau IPC senilai Rp 175.000,00," ujarnya di Gerai Informasi dan Media (GIM) Depdiknas Senayan, Jakarta, Selasa (13/5).

Dijelaskan Fasli, mekanisme secara keseluruhan pelaksanaan SNMPTN masih sama dengan SPMB, termasuk dalam penggandaan soal dilakukan di tujuh lokasi. Kualitas soal ujian tidak berbeda dan sistem penyelenggaraan pun sama. Rayon-rayon tempat penyelenggaraan ujian juga sama.

Sekretaris Ditjen Dikti Suryo Hapsoro Tri Utomo menjelaskan, 57 PTN yang bergabung dalam panitia SNMPTN 2008 tersebar di tiga rayon, yaitu wilayah barat (21 PTN), wilayah tengah (11 PTN), dan wilayah timur (25 PTN).

Sembilan PTN yang ada di Jawa Barat, Jakarta, dan Banten termasuk dalam wilayah barat, yaitu Universitas Padjadjaran (Unpad), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), UIN Syarief Hidayatullah Ciputat Tangerang, dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten.

Suryo Hapsoro menambahkan, proses pendaftaran bisa dilakukan secara kolektif untuk memudahkan calon mahasiswa dalam mendaftar. (A-94)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar