Kamis, 25 November 2010

Dishub Bandung Butuh Rp 80 Miliar untuk Ganti 146 Traffic Light

Baban Gandapurnama - detikBandung
Kamis, 25/11/2010 11:33 WIB


 ilustrasi (dok.detikbandung)


Bandung - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung butuh biaya Rp 80 miliar untuk mengganti 146 unit traffic light. Pasalnya, seluruh traffic light buatan Australia itu tidak mengeluarkan lagi suku cadang bila nanti terjadi kerusakan komponen.

"Kalau nanti ada komponen yang rusak mesti gimana. Sementara dari Australia itu sudah tidak memproduksi lagi sparepart atau alat alat untuk traffic light," jelas Kadishub Kota Bandung Prijo Soebiandono saat dihubungi via ponsel, Kamis (25/11/2010).

Melihat kondisi tersebut, kata Prijo, maka 146 traffic light yang tersebar di Bandung itu mesti diganti. Apalagi saat ini sering terjadi kerusakan traffic light yang tentunya membuat tidak nyaman pengguna jalan raya yang melintas.

"Kebutuhan 80 miliar rupiah itu antara lain digunakan juga untuk mengganti hardware, boks kontrol, serta pembenahan Area Traffic Control System," jelas Prijo.

Nantinya, kata Prijo, traffic light tersebut akan diganti dengan produk buatan Indonesia. Saat ini traffic light di Bandung yang berasal dari Australia sudah berusia 13 tahun.

Prijo mengaku sudah memberikan surat pengajuan tersebut kepada  Pemprov Jabar serta Kementrian Perhubungan Pusat. Ia pun berharap anggaran dari salah satu pihak nanti bisa terealisasi secara cepat.

"Kami berharap 2011 nanti sudah dapat dikerjakan," papar Prijo.(bbn/avi) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar