Kamis, 25 November 2010

Radiasi Wi-Fi Rusak Pohon?

Rabu, 24 November 2010 14:58 WIB


 Ilustrasi (ANTARANews/Ardika)


Jakarta (ANTARA News) - Email anda menyakiti pepohonan...bisa jadi lho. Sebuah penelitian baru mengatakan bahwa radiasi dari jaringan wi-fi ternyata merupakan musuh pepohonan.

Pohon yang berada dekat dengan router nirkabel mengalami kerusakan kulit dan daun-daunnya menua, kata studi yang dilakukan di Belanda.

Seperti dikutip Daily Mail, kesimpulan itu akan menimbulkan kekhawatiran bahwa radiasi wi-fi juga dapat berpengaruh pada tubuh manusia. Kesimpulan ini juga mendukung para orang tua yang menginginkan router nirkabel tidak dipasang di sekolah.

Kota Alphen aan den Rijn di Belanda memerintahkan penelitian tesebut setelah pihak berwenang menemukan fenomena yang tak terjelaskan di pepohonan.

Peneliti mengambil 20 pohon dan selama tiga bulan membuat mereka terpapar pada enam sumber radiasi.

Pohon yang berada paling dekat dengan sumber wi-fi menunjukkan tanda-tanda "bersinar seperti timah hitam". Artinya, daun-daun itu segera mati. Radiasi wi-fi juga menghambat pertumbuhan tanaman jagung.

Di Belanda, 70 persen dari semua pohon di daerah perkotaan menunjukkan gejala yang sama, dibandingkan dengan 10 persen pada lima tahun lalu. Pohon di kawasan hutan tidak terpengaruh.

Para ilmuwan dari Universitas Wageningen mengatakan perlu studi lebih lanjut untuk mempertegas temuan mereka.

Badan kesehatan Belanda mengeluarkan pernyataan yang menekankan bahwa studi ini hanya kesimpulan awal dan belum ada konfirmasi melalui survei ulang.

Ilmuwan lain juga ragu dengan penelitian itu. Marvin Ziskin, profesor radiologi dan fisika medis di Temple University di Philadelphia, mengatakan: "Hal-hal seperti ini telah ada dari dulu. Tidak ada yang baru tentang emisi wi-fi. Tidak ada bukti ilmiah untuk mendukung bahwa sinyal-sinyal ini menimbulkan kekhwatiran."

(A038/A038/BRT)
COPYRIGHT © 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar