Jumat, 12 November 2010

Balap Sepeda "So Nice Tour de Jabar", 29 November

BANDUNG, (PR).-
Mengusung misi beach to beach tour, Pengurus Daerah Ikatan Sport Sepeda Indonesia (Pengda ISSI) Jawa Barat akan menggelar lomba balap sepeda "So Nice Tour de Jabar 2010", 29 November - 3 Desember. 

Lomba yang terbagi dalam lima etape dengan total jarak tempuh sejauh 580 kilometer ini akan memperkenalkan pesona pariwisata alam Jawa Barat dan pantainya mulai dari Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, hingga Pantai Pangandaran Ciamis. Selain itu, lomba ini pun akan menampilkan rute jalanan yang menanjak dan turunan yang berkelok. 

Ketua Umum Pengda ISSI Jabar H. Engkos Sadrah mengatakan, dari lima etape yang akan dilombakan, etape kedua akan dilakukan dua kali start. "Untuk etape kedua, start pertama akan dilakukan di Kota Baru Parahyangan dan finis di Gekbrong, Cianjur. Setelah itu, para pembalap akan ditarik bersama-sama menuju Sukabumi. Di Sukabumi, para pembalap kembali melakukan start dan finis di Palabuhanratu," ujar Engkos di Bandung, Kamis (11/11).

Para pembalap akan mulai melakukan lomba saat start etape pertama dari Subang menuju Tangkubanparahu, kemudian etape kedua dari Kota Baru Parahyangan menuju Gekbrong, Cianjur, dan dilanjutkan dari Kota Sukabumi menuju Palabuhanratu. Berikutnya, etape ketiga dari Palabuhanratu menuju Cianjur. "Setelah itu, para pembalap akan ditransfer menuju Garut untuk melakukan start etape keempat," ucap Engkos.

Etape keempat dari Garut menuju Pangandaran dan etape kelima atau terakhir dari Pangandaran-Banjarsari-Pangandaran. Pada etape pertama, para pembalap sudah akan disuguhkan rute tanjakan yang cukup terjal saat memasuki wilayah Ciater menuju Tangkubanparahu. Ini tentu akan menjadi tantangan bagi para pembalap, terutama yang bertipe seorang jago tanjakan. 

"Rute ini sekaligus sebagai persiapan untuk pelaksanaan SEA Games 2011, yang nantinya akan menggunakan rute ini. Jadi, lomba ini pun akan dijadikan sebagai ajang seleksi bagi para pembalap yang dipersiapkan untuk tampil pada SEA Games tahun depan," ujar Engkos.

Semula, lomba ini akan dilaksanakan pada 22 sampai 25 November, tetapi karena lomba ini akan dijadikan sebagai ajang seleksi bagi tim SEA Games sehingga pelaksanaan lomba diundur menjadi 29 November sampai 3 Desember. Tour de Jabar ini akan diikuti sekitar 20 tim dari dalam dan luar negeri. Saat ini dua tim dari Malaysia sudah menyatakan kesiapannya untuk berlaga. (A-105)*** 

http://newspaper.pikiran-rakyat.com/prprint.php?mib=beritadetail&id=163855

Tidak ada komentar:

Posting Komentar