Rabu, 10 November 2010

Hobi (Mengoleksi Striker Pemain Bola buatan Panini)

Perhelatan Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan memang sudah lama usai, saya sebenarnya ingin membuat entri hobi mengoleksi striker sepak bola ketika bergulirnya Piala Dunia 2010, ya berhubung banyak pekerjaan yang harus deadline akhirnya baru bisa mengentri cerita ini. Koleksi album striker yang saya punya masih sedikit dibandingkan dengan orang lain yang ternyata jauh lebih banyak dan bervariasi.

Saya mulai mengoleksi stiker yang berhubungan dengan sepak bola ketika kelas 6 SD, waktu itu pas liburan sekolah saya main ke tempat saudara. Tidak berapa lama datang saudara saya memperlihatkan buku (album) yang isinya stiker pemain bola, nama stadion dan maskot dan lain-lain yang diproduksi oleh Panini dari Italia. Momen Piala Dunia 1986 di Meksiko. Saya tertarik dan minta diantar untuk membeli buku dan stikernya. Akan tetapi, album Piala Dunia Meksiko itu tidak bisa terisi semua karena saya jarang membeli stikernya.

Ketika Piala Dunia 1990 di Italia saya tidak mengoleksinya, karena tidak tahu di mana tempat untuk membeli album dan stikernya.

Nah, pas Piala Dunia 1994 di Amerika saya mengoleksi Album dan stikernya tapi bukan produkdi Panini. Albumnya tidak terisi semua, stikernya banyak yang sama (dobel). Sisa stiker yang dobelnya saya tempel di buku untuk kuliah.

Piala Dunia 1998 di Prancis saya tidak mengoleksi album dan stikernya, maklum masa-masa kuliah yang harus menghemat uang. Akan tetapi, merasa terobati karena saya mendapatkan hadiah dari teman saya orang Italia (Analisa Ventura) album stiker Liga Italia "Calciatori" musim kompetisi 1996-1997, meskipun tidak penuh.

Piala Dunia 2002 di Korea dan Jepang saya tidak mengoleksi, saya lupa untuk mengoleksi stiker dan album Piala Dunia. Baru ingat ketika ke Gramedia melihat ada album Piala dunia yang sudah lusuh. "Wah... terlambat", guman saya.

Piala Dunia 2006 di Jerman sama kejadiannya dengan piala dunia 2002, lupa... ketika ingat sudah beberapa bulan kemudian. Mungkin karena sibuk bekerja. "Ya.. sudahlah", itu saja yang terucap di hatiku.

Nah, ketika Piala Dunia 2010, tidak sengaja waktu belanja ke Indomaret di dekat rumah melihat ada album dan stiker piala dunia, karena di Indomart di pajang pernak-pernik Piala Dunia 2010. Ini pun sudah terlambat lagi, tapi beruntunya di daerah tempat tinggalku tidak banyak yang mengoleksi, jadi saya segera membelinya.

"Jika Bapa membeli enam bungkus stiker dapat satu album", begitu si pelayan memberi tahu kepada saya.

Wah, saya langsung saja memberi 15 bungkus, dan diberi 2 album stiker. Pulang ke rumah langsung di buka albumnya langsung stiker saya tempelkan di album. Hari-hari berikutnya saya membeli banyak striker, setelah di Indomaret tempat tinggal saya habis saya bingung mencari ke mana lagi, album stiker masih banyak yang kosong. Momen Piala Dunia sudah selesai jadi sudah mencari stiker, saya coba ke beberapa Indomaret di tempat lain, ternyata stiker sudah habis. Ke pelayan Indomart nya saya tanya di mana lagi yang masih ada stiker piala dunia, pelayannya hanya menggelengkan kepala. Ternyata ada pelayan Indomaret di daerah Cicaheum yang memberi tahu bahwa stiker masih banyak di Indomaret Padasuka. Saya bergegas ke Indomaret Padasuka, saya membeli beberapa bungkus stiker. Yah... ternyata banyak yang sama (dobel) jadi tetap saja album belum terisi. Ada yang memberi tahu stiker masih ada di Indomaret Cipadung, saya cari dan langsung beli beberapa bungkus, ternyata sama juga banyak yang dobel.

"Waduh kalau begini terus bagaimana bisa terisi semua", gumanku dalam hati.

Setelah berlama-lama merenung, saya teringat om google, "wah mudah-mudahan di internet menemukan komunitas pengoleksi stiker piala dunia", pikir saya.

Saya mencari-cari ternyata menemukan, di suatu forum di Kaskus, aduh sayang saya bukan member kaskus jadi susah untuk berinterksi. Setelah lama mencari-cari akhirnya menemukan beberapa member yang mencantumkan alamat email dan nomor hp. Sejak saat itu saya menjadi rajin mengirim email dan sms. Ternyata dapat respon yang bagus, akhirnya saya pun bisa saling barter stiker.

Meskipun sudah berusaha membarter stiker, album stiker Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan tidak bisa terisi semua, masih ada kira-kira 14 stiker lagi yang dibutuhkan. Saya punya banyak yang dobel. Stiker yang dobel belum saya apa-apakan masih disimpan. Yah.. siapa tahu ada yang mau barter lagi. Apabila sudah tidak ada yang mau barter lagi saya mau menempelkannya di album yang kedua.










9 komentar:

  1. Apa msh ada stiker FIFA worldcup 2010 panini yg mau ditukar ? Saya punya kembar banyak . Koleksi saya sendiri kurang 100. Saya juga mau beli kl teman 2 ada ya jual

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya jg ada stiker yg kembar mas bisa di tukar

      Hapus
  2. Saya juga punya stiker yang kembar lumayan banyak, kalau mau tukar boleh.

    Nanti saya cek dulu nomor-nomor stiker yang ada di saya dan nomor-nomor stiker yang saya butuhkan.

    Terima kasih.

    BalasHapus
  3. Mas, ada yang dobel gak untuk sticker Panini 86. saya ada dobelan kalau mau barter.
    terima kasih

    BalasHapus
  4. Masih ad ngk album 2010 lengkap smua dgn stikerny ??? Klo ad saya ingin beli
    Terima Kasih

    BalasHapus
  5. Sticker nya masih ada om? rion.cahyono@yahoo.com

    BalasHapus
  6. Saya juga punya Album FIFA WORLD Cup SOUTH AFRICA 2010 :D, tapi banyak yang belum ke isi dan sampulnya udah ilang: D, kemarin, waktu FIFA WORLD CUP BRASIL 2014 sebetulnya saya pengen cari Albumnya, tapi gak tau dimana tempat jualnya hehe :D

    BalasHapus
  7. Aku mau semua stiker dan album

    BalasHapus
  8. Sayang tahun 2018 gak ada yang jual yaa disini :(

    BalasHapus