Rabu, 10 November 2010

Dwiki Bawa Angklung hingga China

Promosi Budaya
 Rabu, 10 November 2010 | 09:06 WIB


KOMPAS
Dwiki Dharmawan

JAKARTA, KOMPAS.com -- Dwiki Dharmawan (44) dan kelompok pemain angklung dari Saung Udjo Bandung berangkat ke Guangzhou, China, Rabu (10/11/2010). Mereka akan tampil dalam acara ”Music for Cultural Harmony” yang dihadiri 25 negara pada 15 November. Acara tersebut digelar untuk menyambut Asian Games 2010 di Guangzhou.

”Kami bawa angklung sekalian untuk promosi angklung yang akan dijadikan World Intangible Heritage oleh UNESCO,” kata Dwiki saat berlatih di rumahnya di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Selasa.
Delapan pemain angklung plus seorang penari akan berkolaborasi dengan orkestra tradisional China di Gedung Opera Guangzhou. Mereka, antara lain, akan membawakan lagu tema Asian Games, kumpulan lagu-lagu Indonesia, plus komposisi karya komponis Rusia, Nikolai Rimsky-Korsakov.

Akan tetapi, mendekati hari keberangkatan, Dwiki masih mengkhawatirkan soal jadi tidaknya terbang ke China.
”Hari ini saya sempat ketar-ketir karena pesawat yang akan kami tumpangi hari ini (Selasa) menyatakan cancel. Tapi, katanya besok sudah bisa berangkat. Insya Allah,” kata Dwiki yang bersama Krakatau pernah berkonser di Beijing, China.

”Acara ini penting karena kami ingin menunjukkan eksistensi angklung ke dunia. Moga-moga UNESCO meloloskan angklung sebagai warisan dunia,” kata Dwiki berharap. (XAR)
 

Sumber :Kompas Cetak
Penulis: Eko Hendrawan Sofyan   |   Editor: Eko Hendrawan Sofyan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar