Sabtu, 07 Juni 2008

Soal Ratifikasi Pedoman Dasar PSSI

FIFA Beri Batas Waktu Hingga 9 Juli 2008


REUTERS/Will Burgess


JAKARTA--MI: Teka-teki seputar hasil pertemuan PSSI dengan FIFA di Sydney, Australia , 29-30 Mei terungkap sudah. FIFA memberi batas waktu tambahan kepada PSSI untuk meratifikasi Pedoman Dasarnya tanggal 9 Juli nanti. Hal ini meruntuhkan klaim PSSI yang menyebutkan ratifikasi Pedoman Dasar dilakukan pertengahan September.

Hal ini terungkap setelah Media Indonesia mendapat surat elektronik (e-mail) dari FIFA, Kamis (5/6). "Terima kasih atas e-mail yang Anda kirimkan kepada kami. Sesuai dengan saran AFC (Konfederasi Sepak Bola Asia), deadline untuk meratifikasi Pedoman Dasar PSSI diperpanjang menjadi dua bulan hingga 9 Juli 2008. Kami percaya informasi ini bisa berguna bagi Anda."


Surat yang dikirimkan Departemen Media FIFA itu merupakan balasan terhadap surat Media Indonesia, Selasa (3/6). Pasalnya, setelah pulang dari Sydney, tidak ada satu pun pengurus PSSI yang mau memberikan pernyataan resmi kepada publik seputar keputusan FIFA terhadap PSSI.

Sayangnya, Federasi Sepak Bola Internasional ini tidak menjawab pertanyaan seputar hukuman yang diberikan FIFA jika PSSI kembali melanggar batas waktu.

Sebelumnya, FIFA memberi dua batas waktu kepada PSSI. Yakni, tanggal 4 Mei untuk meratifikasi Pedoman Dasar dan 4 Agustus untuk menggelar pemilihan ulang pengurus. Namun, batas waktu yang pertama sudah terlampaui karena PSSI baru merampungkan draf revisi Pedoman Dasar dan mengirimkannya ke AFC akhir April lalu.

Saat mengirimkan draft tersebut ke AFC, PSSI juga meminta tambahan waktu selama empat bulan untuk menyosialisasikan perubahan Pedoman Dasar sebelum dibawa ke dalam musyawarah nasional luar biasa (munaslub) untuk diratifikasi.

Namun, tanggal 9 Mei lalu, FIFA menolak permohonan sosialisasi selama empat bulan. PSSI hanya diberi waktu dua bulan untuk melakukan sosialisasi. Setelah itu, PSSI diharuskan menggelar munaslub dan meratifikasi Pedoman Dasar.

Namun, bukan berarti tugas PSSI sudah selesai. PSSI diwajibkan kembali menggelar munaslub satu bulan kemudian untuk memilih pengurus baru dan mengganti Nurdin Halid dari posisi Ketua Umum PSSI. Hal ini terungkap setelah PSSI melakukan rapat internal dengan KONI, Senin (19/5). "Itu artinya PSSI harus menggelar munaslub kedua awal Agustus," kata Wakil Ketua KONI Hendardji Supandji kala itu.

Ketika hendak dikonfirmasi, Sekretaris Jenderal Nugraha Besoes tidak bisa dihubungi. Namun, Nugraha setelah dihubungi Hendardji usai kembali dari Sydney berujar, PSSI bakal melakukan sosialisi Pedoman Dasar pada pertengahan Juni nanti selama dua bulan. Setelah itu, mereka bakal meratifikasinya satu bulan kemudian atau pertengahan September. (IR/OL-2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar