Minggu, 01 Juni 2008

Doni Tata Start dari Posisi 23

Arya Perdhana - detikSport

Yamaha Pertamina Indonesia


Mugello - Setelah tampil tidak meyakinkan di sesi-sesi awal, Doni Tata Pradita akhirnya mampu melewati kualifikasi GP Italia kelas 250 cc dengan baik. Doni akan start dari posisi 23.

Cuaca cerah yang memayungi sirkuit Mugello, Sabtu (31/5/2008) memang sangat membantu Doni. Dengan kondisi itu, Doni bisa membuat catatan waktu yang konsisten dari lap ke lap.

Pada awal sesi kualifikasi, motor Yamaha yang ditunggangi Doni sebetulnya sempat mengalami sedikit persoalan. Namun setelah para mekanik mengganti kopling yang sedikit selip, Doni dengan lancar mampu menyelesaikan kualifikasi.

Di flying lap pertamanya, catatan waktu Doni sudah dirasa cukup untuk melewati batas 107% dari pembalap tercepat sebagai syarat lolos kualifikasi. Pada akhirnya, catatan tercepat Doni adalah 1 menit 58,731 detik.

Sebagai gambaran, catatan Doni ini berselisih 6,056 detik di belakang Hector Barbera (Aprilia) yang sukses merebut pole position kelas 250 cc dengan catatan 1 menit 52,675 detik.

Di belakang Barbera, ada sesama penunggang Aprilia, Alvaro Bautista. Pembalap Spanyol tersebut menorehkan waktu 1 menit 53,447 detik.

"Setelah sesi pagi, saya merasa bahwa jarak ke para pembalap di depan saya terlalu besar. Target saya di kualifikasi tadi memang untuk memperkecil jarak itu. Saya bisa melakukannya," komentar Doni seperti dilansir situs Yamaha Pertamina Indonesia.

"Tapi (Russel) Gomez (pembalap Aprilia-red) melewati saya sehingga saya kehilangan posisi (ke-22). Besok saya berharap bisa bertarung dengan baik serta mengalahkan dia," tutup Doni.

Hasil kualifikasi GP Italia kelas 250 cc:
1. Barbera (Aprilia) 1 menit 52,675 detik
2. Bautista (Aprilia) +0,772
3. Simoncelli (Gilera) +0,936
4. Kallio (KTM) +0,960
5. Pesek (Aprilia) +1,253
6. Poggiali (Gilera) +1,469
7. Debon (Aprilia) +1,596
8. Luthi (Aprilia) +1,701
...
23. Pradita (Yamaha) +6,065

(arp/arp)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar