Rabu, 04 Juni 2008

Adobe Perbarui Versi Acrobat-nya


GNUCITIZEN.ORG


JAKARTA, SELASA – Versi baru Acrobat 9 baru saja diperbarui Adobe. Tambahan yang bermanfaat di sini adalah dukungan untuk film Flash yang sekarang bersifat native. Artinya, klip movie berbasis Flash dapat ditanamkan di dalam dokumen PDF dan dilihat dengan Acrobat Reader 9 yang gratis.

Hal yang sama juga berlaku untuk file presentasi PowerPoint. File presentasi tersebut kini tidak harus dikonversi dulu sebelum bisa dimasukkan ke sebuah file PDF. Melalui fitur PDF Portfolios, berbagai tipe file– dokumen, video, audio, dan objek 3D – memang bisa dipadukan secara relatif mudah ke dalam sebuah dokumen.

Fitur lain yang ditawarkan pada Acrobat 9 adalah kolaborasi melalui situs Web Acrobat.com. Di sana disediakan pengolah kata online Buzzword, file organizer, PDF creator (terbatas pada lima file), file sharing service maupun collaboration and screens sharing service yang disebut ConnectNow. ConnectNow juga menyediakan fitur voice, voice conferencing, dan chat terpadu.

Buzzword ini menarik karena membiarkan pengguna membuat dokumen dan berkolaborasi dengan yang lain secara oline. Hak akses yang berbeda bisa diberikan ke setiap peserta kolaborasi, dan setiap hasil suntingan dilacak dan disimpan dengan kontrol versi. Cuma karena semuanya dilakukan di Web, siapa pun bisa mengaksesnya dari mana saja.

Selain itu dokumen yang di-upload ke Acrobat.com bisa dibagi-pakai melalui sebuah URL. Jadi alih-alih sebuah file yang harus di-download, Anda bisa me-load-nya dalam browser via Flash. File-file Flash itu pun bisa ditanamkan di sebarang halaman Web. Namun jika mau, Anda boleh menggunakan tool konversi yang disediakan Acrobat untuk me-load dokumen dan mengubahnya menjadi file PDF standar.

Acrobat 9 ini ditawarkan dalam tiga versi: Acrobat 9 Pro Extended (US$ 699), Acrobat 9 Pro (US$ 449) dan Acrobat 9 Standard (US$ 299). Ketiga akan tersedia pada Juli mendatang.


WIEK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar