Rabu, 04 Juni 2008

Robot Siap 'Beranak Pinak'

Fino Yurio Kristo - detikinet


RerRap (telegraph)


Inggris - Perkembangan teknologi robot kian mencengangkan. Bahkan kini sedang dikembangkan sebuah robot yang mampu membentuk replika dirinya sendiri.

Adalah ilmuwan University of Bath, Inggris yang membangun mesin robot bernama RepRap itu. Bahkan RepRap nantinya diklaim akan punya sistem saraf dan otak mandiri layaknya robot terkenal di dunia film, Terminator.

Dr. Adrian Bowyer, salah satu peneliti RepRap menyatakan, sang robot memiliki sistem serupa printer. Namun jika printer mencetak obyek melalui tinta di kertas, RepRap mengeluarkan semacam plastik fleksibel untuk membentuk obyek 3 dimensi sebagai replika tubuhnya.

RepRap telah mampu membuat bagian tubuhnya sendiri yang bisa dipakai untuk membentuk robot yang persis seperti dirinya sendiri. Namun memang masih perlu bantuan manusia untuk menyusun bagian-bagian itu menjadi bentuk yang utuh.

Sistem yang dipakai RepRap memang telah lama dipakai di industri misalnya untuk membentuk perangkat kendaraan. Namun RepRap diklaim sebagai mesin pertama yang bisa menduplikat dirinya.

Selanjutnya akan dikembangkan sistem saraf dan otak pada robot ini. Dr Adrian memaparkan bahwa mereka telah bereksperimen dengan semacam sirkuit elektris untuk mengimplementasikannya.

Asyiknya menurut Dr Bowyer, software untuk pembuatan mesin ini rencananya akan digratiskan untuk dimanfaatkan suatu ketika nanti. Demikian seperti dikutip detikINET dari Telegraph.co.uk, Rabu (4/5/2008).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar